Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Bisnis
icon featured
Bisnis

Permintaan Rekomendasi Paspor Meningkat, 215 PMI Sudah Berangkat

26 September 2021, 20: 38: 56 WIB | editor : Nyoman Suarna

Permintaan Rekomendasi Paspor Meningkat, 215 PMI Sudah Berangkat

SIAP BERANGKAT LAGI: Pekerja migran Indonesia (PMI) asal Karangasem ditarik dari lokasi karantina di Kuta, Badung menuju Candidasa, Karangasem, beberapa waktu lalu. (DOK.BALI EXPRESS)

Share this      

AMLAPURA, BALI EXPRESS- Hampir dua tahun, para pekerja migran Indonesia (PMI) dipulangkan akibat pandemi Covid-19. Di tengah kondisi yang berangsur membaik, sejumlah calon PMI di Karangasem mulai mengurus dokumen penunjang sebelum kembali berangkat ke luar negeri.

Informasi di Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, sudah ada ratusan calon tenaga kerja luar negeri yang mengurus dokumen. Di antaranya rekomendasi paspor, hingga kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja. PMI yang ingin mengurus persyaratan kerja ke luar negeri bisa mengurus di Mal Pelayanan Publik Karangasem.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan Karangasem Made Sujana menyebut, calon pekerja sudah mengurus kartu kartu tanda pencari kerja, rekomendasi paspor, serta ID calon PMI. Sedangkan pekerja yang sudah berangkat sebanyak 215 orang per data Agustus 2021.

Baca juga: Disperindag Bali Bina Perajin Arak di Sidemen

Dia menjabarkan, para pekerja migran rata-rata berangkat menuju Italia, Turki, Dubai, Amerika Serikat, Polandia, Qatar, dan sejumlah negara lainnya. PMI yang telah berangkat sudah memenuhi prosedur yang diatur pemerintah daerah. Mereka berangkat melalui agen. “Kami minta protokol kesehatan juga diperhatikan,” ujar Sujana, Minggu (26/9).

Sesuai data, kata Sujana, ada sekitar 2.000 warga Karangasem bekerja sebagai PMI. Mereka tersebar di berbagai sektor. Paling dominan bergerak di pariwisata. Baik sebagai staf di kapal pesiar maupun hotel di daratan.

Setelah situasi berangsur membaik, sejumlah calon pekerja mulai mengurus dokumen keberangkatan. “Ada ratusan orang yang sudah urus surat rekomendasi paspor. Kami akan data sesuai arahan pimpinan,” ujar Sujana.

(bx/aka/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia