Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Features
icon featured
Features

Mengenal Melasma, Gangguan Kulit Musuh Para Wanita

18 November 2021, 20: 33: 17 WIB | editor : I Dewa Gede Rastana

Mengenal Melasma, Gangguan Kulit Musuh Para Wanita

Ilustrasi Melasma pada wajah. (istimewa/net)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Memiliki Kulit wajah yang mulus tanpa noda menjadi dambaan setiap wanita. Namun larena banyak faktor tidak semua wanita beruntung memiliki wajah mulus bak artis Korea. Salah satu keluhan yang paling sering dialami wanita adalah adanya flek pada wajah. Apa penyebab adanya flek ini dan bagaimana cara menghilangkannya?

Dokter estetika di Denpasar,  dr I Dewa Gede Manik.S. M Biomed, Sp.KK, mengatakan flek hitam pada wajah atau yang dikenal dengan nama melasma  adalah penyakit yang menyebabkan bercak-bercak gelap dan perubahan warna pada kulit. "Penyakit ini lebih sering ditemukan pada perempuan," jelasnya.

Penyebab penyakit ini dilanjutkan dr. Manik karena beberapa hal, pertama adalah kesalahan menggunakan kosmetik dan gangguan hormon. Melasma yang disebabkan oleh penggunaan kosmetik biasanya lebih susah dihilangkan jika dibandingkan dengan melasma karena gangguan hormon.

Baca juga: Layanan Kesehatan Tradisional di Industri Wisata Medis

Melasma yang disebabkan oleh gangguan hormon, bisa terjadi pada ibu hamil, melasma juga sering disebut dengan mask of pregnancy atau topeng kehamilan. Selain itu, pil KB dan obat-obatan pengganti terapi hormon semua dapat memicu melasma. Stres dan penyakit tiroid juga dianggap sebagai penyebab melasma. 

Meski 80 persen kasus melasma ditemukan pada perempuan, namun dr. Manik menyebutkan laki-laki juga bisa mengalami kondisi ini. "Jika pada laki-laki, bercak akibat melasma biasanya muncul di area yang terpapar sinar matahari," lanjutnya.

Lantas bagaimana caa menghilangkan melasma? dr. Dude menjelaskan pada beberapa kondisi, seperti gangguan hormonal, melasma bisa hilang dengan sendirinya. "Ketika seorang wanita melahirkan bayinya atau berhenti minum pil KB, melasma bisa memudar. Namun, beberapa orang menderita melasma selama bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup," paparnya. 

Namun jika melasma tidak hilang atau seorang wanita ingin tetap menggunakan pil KB, ada beberapa jenis perawatan melasma yang tersedia, seperti penggunaan Hydroquinone ini bisa berbentuk krim, lotion, gel, atau cairan yang bisa didapat melalui resep dokter. 

Selain hydroquinone, tretinoin, dan kortikosteroid, dokter kulit mungkin akan meresepkan obat topikal lain untuk mencerahkan bercak melasma. Seperti azelaic acid atau kojic acid.Apabila proses perawatan menggunakan obat tidak berhasil, mungkin kamu membutuhkan prosedur penanganan khusus. "Prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh dokter atau professional penanganan gangguan kulit," tambahnya.

(bx/gek/ras/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia