Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Features
icon featured
Features

Pentingnya Vaksinasi Influenza di Masa Pandemi

24 November 2021, 18: 55: 54 WIB | editor : I Dewa Gede Rastana

Pentingnya Vaksinasi Influenza di Masa Pandemi

Ilustrasi (istimewa)

Share this      

DENPASAR, BALI EXPRESS- Influenza atau penyakit Flu menjadi penyakit yang sering menyerang masyarakat ketika memasuki musim hujan. Karena seringnya terjangkit penyakit flu ini, maka penyakit ini sering dikategorikan sebagai penyakit yang ringan. 

Padahal jika dilihat dari type penyakitnya, penyakit flu dikatakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Alergi Imunologi, dr. Erwanto. b. Winulyo, Sp.PD, K-AI., bisa menjadi wabah dengan angka kematian yang tinggi.

"Data dari WHO menunjukkan, pada 2018 terdapat 3-5 juta orang di seluruh dunia terkena infeksi influenza berat setiap tahun. Dari jumlah tersebut, diperkirakan 290 ribu  hingga 650 ribu orang meninggal per tahunnya," jelasnya.

Baca juga: Kenali Gejala Diabetes Untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

Padahal dilanjutkan dr. Erwanto, penyakit ini bisa dikendlikan melalui vaksinasi influenza. vaksinasi influenza masih menjadi bagian upaya pengendalian sekaligus mencegah angka kesakitan dan kematian pasien penyakit menular itu. Apa itu penyakit influenza?

Dilanjutkan dr. Erwanto, influenza tergolong penyakit pernapasan menular yang disebabkan virus influenza. Ada berbagai jenis virus influenza yakni influenza musiman seperti tipe A, B, C; kemudian influenza harian contohnya avian influenza yang menular dari hewan ke manusia.

Selain itu, adapula influenza pandemi yakni virus subtipe baru yang bersikulasi antar manusia. Sementara manusia tidak mempunyai imunitas terhadap virus baru tersebut. "Pandemi terjadi karena kelompok masyarakat yang semula telah kebal secara alamiah atau akibat vaksinasi tetapi tidak kebal terhadap varian baru sehingga rentan terinfeksi dan menularkan pada orang lain," urainya.

Vaksin flu memiliki efektivitas selama satu tahun, dan untuk perlindungan optimal perlu dilakukan pengulangan setiap satu tahun sekali karena galur atau strain virus flu yang dominan beredar dapat berubah-ubah.

Dengan vaksinasi, masyarakat akan terlindungi dari flu, dan apabila masih terserang penyakit flu, gejala dan akibat yang ditimbulkan tidak akan seberat yang tidak vaksin. Pemberian vaksin flu mampu menurunkan risiko influenza dan komplikasinya pada anak hingga 60 persen. Vaksinasi flu juga penting dilakukan pada kelompok berisiko tinggi, seperti lansia dan orang dengan kondisi medis kronis tertentu, untuk membentuk antibodi terhadap virus influenza. 

(bx/gek/ras/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia