Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Hiburan
icon featured
Hiburan

Ratih Anggraini, Anak Kolong Kepincut Filsafat

24 November 2021, 12: 25: 58 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Ratih Anggraini, Anak Kolong Kepincut Filsafat

Ratih Anggraini (ISTIMEWA)

Share this      

BELAJAR filsafat mungkin bagi sebagian orang tidak begitu tertarik seperti ilmu sains pada umumnya. Namun bagi Putu Maria Ratih Anggraini, M.Fil.H rupanya ketekunan mendalami Filsafat Hindu rupanya berbuah manis yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

Kepada Bali Express (Jawa Pos Group) Dosen Pengajar Prodi Filsafat Hindu, STAHN Mpu Kuturan Singaraja menceritakan semua berawal ketika ia menjalani masa kecil hingga mengenyam pendidikan di Bangku SMP di Alor, Nusa Tengga Timur.

Kala itu, sang ayah, Kompol Made Widana bertugas di Kalabahi, Alor, Nusa Tenggara Timur sejak tahun 1988 silam. Ia menambahkan, meski belum pernah pergi ke Bali, namun ketertarikan akan seni budaya Bali begitu terukir di benaknya, setelah mendengar beragam cerita dari sang ayah.

Baca juga: Luna Maya, Jabatan RT Dibantah Camat

“Ayah saya asli Bali, sedangkan Ibu memang aslinya dari Alor, NTT. Tentu sering mendengar dan menonton tarian Bali, pakaiaan Bali, dan semua yang berbau Bali. Akhirnya saya pindah ke Bali untuk melanjutkan sekolah di SMK,” jelas Ratih, Selasa (23/11) siang.

Meski sebagai anak “kolong” namun, ia tidak tertarik ikut melamar menjadi Polwan. Begitu menamatkan Pendidikan di Bangku SMK, Tahun 2007 Ratih justru tertarik belajar Filsafat Hindu. Ia mengaku haus belajar Agama lantaran lama tinggal di luar Bali.

Ratih langsung tancap gas melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ia mengambil Prodi Filsafat Hindu, di IHDN Denpasar (kini UHN Bagus Sugriwa). Keseriusan ia buktikan saat tamat berhasil meraih  predikat Cumlaude pada tahun 2011.

Hingga akhirnya, ia mencoba peruntungan mengikuti seleksi CPNS formasi Dosen Filsafat Metafisika pada tahun 2018 yang diselenggarakan Kementrian Agama untuk penempatan di STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Ratih lolos dan mulai bertugas sebagai dosen PNS di STAHN Mpu Kuturan sejak Maret 2019.

(bx/dik/hai/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia