Selasa, 26 Oct 2021
Bali Express
Home / Internasional
icon featured
Internasional

Norwegia Mulai Hidup Normal, Pembatasan Covid Dicabut

24 September 2021, 21: 43: 19 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Norwegia Mulai Hidup Normal, Pembatasan Covid Dicabut

OSLO : Seorang warga dengan memakai masker membawa kantong belanja di sebuah jalan di Oslo, Norwegia, Jumat (13/3/2020), di tengah mewabahnya virus Covid-19 (Antara/NTB Scanpix/Hakon Mosvold Larsen via Reuters)

Share this      

OSLO, BALI EXPRESS -Penerintah  Norwegia mulai Sabtu (25/9) mengembalikan kehidupan normal masyarakat, setelah warga mengalami pembatasan interaksi dan kegiatan usaha yang juga terseok-seok. Semua pembatasan yang selama ini diberlakukan untuk menangani pandemi Covid-19 akan dicabut.

"Sudah 561 hari sejak kita menerapkan langkah-langkah paling ketat di Norwegia pada masa damai. Sekarang sudah saatnya kembali ke kehidupan normal sehari-hari," kata Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg pada konferensi pers, Jumat (24/9).

Larangan-larangan yang sebelumnya diberlakukan akan berakhir pada Sabtu (25/9) pukul 16.00 waktu setempat. Karena pembatasan sosial dicabut, tempat-tempat kegiatan budaya dan olahraga sudah bisa beroperasi dengan kapasitas penuh.

Baca juga: WHO Anjurkan Koktail Antibodi Covid-19 bagi Pasien Berisiko Tinggi

Para pengunjung restoran juga sudah boleh mengisi semua kursi yang ada. Selain itu, kelab-kelab malam diperbolehkan buka kembali.

Soldberg sejauh ini telah menjalankan tiga tahap pertama dari rencana empat-tahap menyangkut pencabutan pembatasan sosial dan ekonomi, yang diterapkan sejak Maret tahun lalu.

Namun, pelaksanaan tahap terakhir sudah beberapa kali ditunda karena ada kekhawatiran soal tingkat infeksi Covid-19. "Singkat kata, sekarang kita sudah bisa hidup normal," kata Solberg.

Menurut Lembaga Kesehatan Masyarakat, sekitar 76 persen dari seluruh penduduk Norwegia sudah mendapat sedikitnya satu dosis vaksin Covid-19 dan 67 persen penduduk sudah divaksin dengan dosis penuh. "Saya ingin menyampaikan terima kasih banyak Norwegia," kata Solberg. (ant)

(bx/rin/rin/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia