Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Nusantara
icon featured
Nusantara

Viral! Gadis 15 Tahun Lamar Pria dengan Mahar Setengah Miliar

25 November 2021, 12: 16: 28 WIB | editor : I Putu Suyatra

Viral! Gadis 15 Tahun Lamar Pria dengan Mahar Setengah Miliar

POTONGAN VIDEO: Potongan video lamaran gadis kelas 3 SMP melamar pria dengan mahar fantastis. (ISTIMEWA)

Share this      

PINRANG, BALI EXPRESS - Dalam tradisi adat Bugis, biasanya pihak laki-laki yang melamar perempuan untuk dijadikan istri. Tapi, kejadian di Pinrang, Sulawesi Selatan ini menghebohkan dan videonya viral di media sosial. Pasalnya, seorang perempuan yang masih duduk di kelas 3 SMP melamar seorang pria untuk dijadikan suami.

Lebih menghebohkan lagi, gadis di bawah umur ini melamar dengan mahar cukup fantastis, Rp 500 juta atau setengah miliar rupiah.

Setelah ditelusuri, ibu calon mempelai perempuan bernama Asmirah atau yang karib disapa Hj. Mira mengaku kepincut dengan sosok calon menantunya. Dia adalah seorang pemuda berpendidikan, lulusan pesantren dan saat ini sedang kuliah di Jakarta.

Baca juga: Ibu Terbunuh, Anak Luka Berat, Polisi Kejar Suami Korban

Karena kepincut dengan sang pria, sang Hj Mira pun kemudian melamarkan anak perempuannya yang masih berumur 15 tahun tersebut. “Saya punya hubungan baik dengan bu Haji Diana (ibu calon mempelai pria). Dan saya juga menyukai anak dia karena sopan sekali dan juga lulusan pesantren,” aku Hj. Mira kepada fajar.co.id (Jawa Pos Group), Selasa (23/11/2021).

Namun, karena putrinya belum cukup umur, untuk prosesi pernikahan belum direncanakan dalam waktu dekat.

“Kemarin itu masih lamaran, untuk pernikahan masih 3-4 tahun lagi,” jelasnya.

Dijelaskan, berdasarkan kesepakatan dalam acara “mappetuada” atau proses lamaran yang berlangsung Senin, 22 November tersebut, nominal uang pesta yang disepakati yakni Rp500 juta, 5 sak gula, 5 sak terigu, telur 200 rak dan bumbu-bumbu dan kue-kue.

Hj. Mira sejatinya telah bercerai dengan suaminya atau ayah dari putri yang ia jodohkan tersebut.

Bagi warga Leppangang, Kecamatan Patampanua, Hj Mira dikenal sebagai pengusaha yang cukup berhasil. Ia merupakan pedagang bahan rempah-rempah dan ayam. Ia biasa menjual di Pasar Leppangangang, dan Pekkabata.

Sementara itu, orangtua dari pihak lelaki, Diana mengaku sangat senang dengan lamaran tersebut. Menurutnya, ia dan calon besannya itu masih punya hubungan keluarga.

“Saya bahagia sekali (anak dilamar, Red). Anak saya ini memang pernah di pesantren dan saat ini masih kuliah di Jakarta,” jelasnya.

Ia tak menampik bahwa keputusan untuk menikahkan anaknya merupakan keputusan orangtua masing-masing. “Ini dijodohkan,” paparnya.

Dijelaskan, saat ini, putranya baru berusia 19 tahun. Sekarang masih menempuh pendidikan tinggi di Jakarta. “Masih semester satu,” ungkapnya.

(bx/wid/yes/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia