Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Politik
icon featured
Politik

PDIP Usung Gatot, Nasdem Jagokan Panhis Jadi Wabup Tulungagung

04 September 2021, 21: 18: 39 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

PDIP Usung Gatot, Nasdem Jagokan Panhis Jadi Wabup Tulungagung

CALON : Kedua partai pengusung didampingi cawabup masing-masing tunjukan nomor urut dalam pemilihan cawabup. (Antara/HO)

Share this      

TULUNGAGUNG, BALI EXPRESS - DPRD Tulungagung, Jawa Timur, menetapkan Gatot Sunu Wibowo dan Panhis Yodi Wirawan ditetapkan sebagai calon Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung untuk sisa masa jabatan 2018-2023 dalam rapat paripurna, Sabtu (4/9).

Bertempat di aula utama DPRD Tulungagung, rapat paripurna pengesahan yang dihadiri hampir seluruh wakil rakyat dan perwakilan parpol pengusung, diakhiri dengan pengundian nomor urut kedua calon wakil bupati yang akan dipilih pada 18 September tersebut.

"Hari ini kedua kandidat yang diusung PDIP maupun Partai Nasdem sah ditetapkan sebagai calon wakil bupati," kata Ketua Panitia Khusus Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung sisa masa bakti 2018-2023, Suprapto.

Baca juga: Mantan Gubernur Ikut Berebut Jadi Ketua DPD Demokrat Kepri

Dari hasil pengundian yang dilakukan secara terbuka di forum rapat paripurna itu, Gatot Sunu Wibowo yang diusung PDIP mendapat nomor urut 1.

Sedangkan Panhis Yodi Wirawan yang diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendapat nomor urut 2. "Dalam pengundian ini, masing-masing bakal calon wakil bupati diwakili partai pengusungnya," terang Suprapto.

Setelah pengundian selesai dan dilakukan penetapan nomor urut, tahap pemilihan wakil bupati segera dilanjutkan dengan penyediaan seluruh logistik pemilihan, seperti surat suara, dan perangkat pendukung lainnya. “Insyaallah enam hari surat suara selesai," ujar politisi PDIP ini.

Kartu suara yang dicetak sebanyak jumlah anggota DPRD, 50 orang ditambah 10 persen. Setelah kartu suara dicetak, pihaknya bakal menyortir surat suara.

Selanjutnya, pada Jumat (17/9) dilalukan dengan penyampaian visi-misi dan keesokan harianya pemilihan langsung wakil bupati oleh anggota DPRD. "Surat suara nanti dicoblos," jelasnya. 

Posisi Wakil Bupati Tulungagung kosong sejak awal dilantik pasangan bupati dan wakil bupati 'Syahto' (Syahri Mulyo-Maryoto Birowo) September 2018 lalu. Pasangan ini diusung oleh PDIP dan Partai Nasdem.

Posisi wakil Bupati kosong setelah Syahri Mulyo tersandung kasus suap yang mengharuskan dirinya lengser dari jabatan Bupati terpilih, dan Wakil Bupati Maryoto menggantikannya sebagai Bupati Tulungagung. (ant)

(bx/rin/rin/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia