Minggu, 28 Nov 2021
Bali Express
Home / Politik
icon featured
Politik

SK Mendagri Belum Terbit, Pelantikan Bupati Terpilih Sesuai Jadwal

10 Februari 2021, 18: 05: 31 WIB | editor : I Putu Suyatra

SK Mendagri Belum Terbit, Pelantikan Bupati Terpilih Sesuai Jadwal

PENUNJUKKAN: Surat Mendagri RI perihal penunjukan sekda kabupaten/kota sebagai pelaksana harian (Plh). (ISTIMEWA)

Share this      

TABANAN, BALI EXPRESS - Kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pilkada 2020 di enam kabupaten/kota di Bali telah ditetapkan. Tinggal menunggu pelantikannya saja. Perhitungannya, 17 Februari 2021 ini, pelantikan terhadap kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang telah ditetapkan, bupati maupun wali kota, mesti dilantik.

Namun, sampai dengan satu minggu sebelum waktu pelantikan tersebut, Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) mengenai pengangkatan kepala daerah hasil Pilkada 2020 yang terpilih hingga kemarin tidak kunjung terbit.

Malahan, belakangan yang beredar justru surat dari Mendagri bernomor 120/738/OTDA perihal pelaksana harian (Plh) kepala daerah. Surat atas nama Mendagri itu diteken Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Akmal Malik itu diterbitkan pada tertanggal 3 Februari 2021 lalu.

Baca juga: Bentuk SDM Berkualitas, Sugawa Korry Latih Kadernya di Golkar Institut

Pada poin terakhir surat tersebut, Gubernur yang tertera pada lampiran surat tersebut, termasuk Gubernur Bali, diminta menunjuk sekretaris daerah (sekda) kabupaten/kota sebagai pelaksana harian (Plh) bupati/wali kota untuk mengisi kekosongan jabatan sampai dengan dilantiknya penjabat bupati/wali kota atau bupati/wali kota terpilih.

Perihal itu, Rabu (9/2), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan mengikuti rapat tersebut untuk mencari kepastian. Seperti diungkapkan Sekda Kabupaten Tabanan I Gede Susila usai menjalani vaksinasi yang kedua kalinya di Badan Rumah Sakit Umum (BRSUD) Tabanan.

“Jangan. Jangan bahas itu (Plh). Hari ini kami diundang Pak Gubernur terkait itu (pelantikan),” ujarnya.

Pada prinsipnya, sambung dia, pelantikan pada 17 Februari 2021 akan tetap dilaksanakan. Khususnya untuk kepala daerah terpilih. Meskipun sejauh ini SK pengangkatan dari Mendagri belum turun.

“Sekarang ini kan masih 10 Februari. Tanggal 17 masih jauh. Masih ada waktu seminggu, kan bisa saja (SK itu) keluar,” tukasnya seraya mengungkapkan kesimpulan pertemuan di tingkat provinsi kemarin.

Senada dengan itu, Sekretaris DPRD Tabanan I Made Sugiarta memberikan keterangan yang tidak jauh beda. Saat dikonfirmasi secara terpisah, dia menyebutkan bahwa khusus di Bali, pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah di enam kabupaten/kota di Bali, termasuk Tabanan di antaranya, tetap dijadwalkan pada 17 Februari 2021 mendatang.

“Artinya, tetap melakukan persiapan sambil menunggu SK pengangkatan dari pusat. Intinya semua alternatif dipersiapkan. Yang pasti persiapan dimaksimalkan untuk 17 Februari 2021,” tukas Sugiarta seraya menyebutkan kemungkinan pelantikan akan dilaksanakan di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali.

(bx/hai/yes/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia