Minggu, 24 Oct 2021
Bali Express
Home / Politik
icon featured
Politik

Singkirkan Rekomendasi Nasdem, Gatut Sunu Wabup Tulungagung 

19 September 2021, 08: 51: 33 WIB | editor : I Komang Gede Doktrinaya

Singkirkan Rekomendasi Nasdem, Gatut Sunu Wabup Tulungagung 

COBLOS : Panitia seleksi memeriksa surat suara yang telah dicoblos dan menghitungnya memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung di DPRD Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (18/9/2021). (Antara/Desty)

Share this      

TULUNGAGUNG, BALI EXPRESS - Pengusaha Gatut Sunu Wibowo yang diusung PDI Perjuangan dalam bursa Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung, akhirnya terpilih dan ditetapkan sebagai Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung di sisa masa jabatan 2018-2023.

Keputusan itu ditetapkan DPRD Tulungagung, Jawa Timur dalam forum rapat paripurna dengan agenda pemilihan Wakil Bupati Tulungagung periode 2018-2023, Sabtu (18/9).

"Sesuai hasil pemungutan suara, calon nomor urut 1 Gatut Sunu Wibowo mendapat 34 suara, sedangkan calon nomor urut 2 Panhis Yody Wirawan yang direkomendasi Partai Nasdem memperoleh 15 suara," terang Ketua Panitia Khusus Pemilihan DPRD Tulungagung Suprapto saat membacakan berita acara penetapan yang telah ditandatangani seluruh fraksi.

Baca juga: Siswa SD Belum Divaksin, Fraksi Gerindra Minta Tunda PTM

Pemungutan suara itu diikuti 49 dari 50 anggota DPRD Tulungagung. Satu anggota atas nama Supriyono dari PDIP tidak bisa ikut dan menyalurkan hak suara karena terjerat kasus hukum yang ditangani KPK.

Dinamika pemungutan diwarnai interupsi dari sebagian fraksi yang menginginkan pencoblosan bisa diwakilkan ketua fraksi atau perwakilan yang ditunjuk.

Ada lima fraksi/partai yang melontarkan interupsi, sehingga forum sidang lebih banyak dikendalikan salah satu kubu pendukung nomor urut 1.

Selain PDIP, parpol atau fraksi yang menyampaikan interupsi dan meminta pencoblosan perwakilan untuk calon nomor urut 1 adalah Partai Demokrat, PKS, Golkar dan Gerindra

"Kami dari fraksi PDIP secara tegas kami untuk mencoblos Bapak Gatut Sunu, untuk itu kami mewakilkan kepada ketua panlih, untuk mencobloskan," kata Ketua Fraksi PDIP Susilowati.

Pemilihan wakil bupati ini sempat diwarnai aksi 'walk out' dari kubu Panhis Yody Wirawan. Kendati begitu, proses pemilihan tetap berjalan terus. 

Pemilihan Wakil Bupati Tulungagung ini adalah sisa masa jabatan 2018-2021. Hal ini terjadi merupakan dampak dari KPK melakukan tangkap tangan Bupati Tulungagung, Juni 2018. Hasilnya Calon Bupati Syahri Mulyo ditetapkan sebagai tersangka korupsi bersama pejabat Tulungagung lainnya.

Meski telah ditahan KPK, pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Birowo yang diusung PDIP dan Partai NasDem menang dalam proses pemilihan bupati dan wakil bupati. Syahri sempat dilantik sesaat menjadi bupati, namun kemudian langsung digantikan wakilnya Maryoto Birowo. Pengisian kekosongan wakil bupati itulah yang saat ini diprosss DPRD Tulungagung. (ant)

(bx/rin/rin/JPR)

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia