Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Politik
icon featured
Politik

Dewan Dorong Optimalkan PAD dari Kedai Kopi

21 November 2021, 21: 51: 58 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dewan Dorong Optimalkan PAD dari Kedai Kopi

Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles (I Made Mertawan/Bali Express)

Share this      

BANGLI, BALI EXPRESS- Pandemi Covid-19 membuat pendapatan daerah Pemkab Bangli turun. Oleh karenanya, anggota DPRD Bangli mendorong instansi terkait gencar menggali potensi pendapatan.

Seperti dikatakan Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles. Carles mengatakan, Carles menilai keberadaan kedai kopi yang semakin banyak di jalur Penelokan-Kintamani tersebut mampu menambah pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Bangli di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Carles mendorong instansi terkait di Pemkab Bangli bisa mengoptimalkan penerimaan pajak dari kedai tersebut. Menurut Carles, kedai tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik saban Sabtu, Minggu dan hari libur hari raya. “Walaupun situasi Covid seperti sekarang, masih tetap ada (kunjungan ke kedai kopi). Sabtu, Minggu dan libur hari raya jalanan bisa sampai macet. Itu potensi sangat menjanjikan,” ujar Carles, Jumat (21/11).

Baca juga: Realisasi PAD Badung Baru Rp 1,3 T, Giri Prasta Yakin Tembus Target

Sejauh ini, pemerintah daerah sudah berupaya menangkap pundi-pundi PAD dari kedai kopi serta hotel maupun restoran dengan memasang beberapa alat perekam data pajak pengunjung. Selain untuk menghindari kebocoran pajak,  pemasangan alat itu juga sesuai perintah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hanya saja, belum semua dipasangi alat. Carles mendorong agar alat perekaman data pajak itu ditambah. Politikus Partai Demokrat ini pun mengaku siap mendukung dari sisi penganggaran. “Dari awal saya sudah tahu persis itu sumber pendapatan kami di Bangli,” terang politikus asal Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli ini.

Selain mendorong pemerintah aktif menggali potensi PAD, Carles juga berharap kesadaran para pengusaha untuk ikut mendukung upaya pemerintah meningkatkan PAD.

Pantauan Bali Express (Jawa Pos Group), selain Sabtu dan Minggu, kedai tersebut juga dipadati pengunjung saat hari raya. Seperti Hari Raya Galungan dan Kuningan beberapa waktu lalu. Jalur utama Kintamani sampai macet, sebab kedai tersebut rata-rata berada di pinggir jalan raya.

Ketua DPRD Bali I Ketut Suastika belum lama ini juga mendorong agar pemerintah setempat lebih intensif menggali potensi PAD. Suastika mengatakan masih banyak potensi yang masih bisa digarap secara optimal. Meskipun tak merincinya, politikus PDIP ini memastikan bahwa Bangli tak kalah dengan daerah lain di Bali.

(bx/wan/man/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia