Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Politik
icon featured
Politik

Polres Buleleng Lakukan Pola Pengamanan Pemilu pada Pilkel Serentak

22 Oktober 2021, 22: 35: 54 WIB | editor : I Putu Suyatra

Polres Buleleng Lakukan Pola Pengamanan Pemilu pada Pilkel Serentak

DEKLARASI DAMAI: Aparat keamanan saat mengggelar deklarasi damai calon perbekel yang akan bertarung di Pilkel Serentak pada 31 Oktober 2021 mendatang. (ISTIMEWA)

Share this      

SINGARAJA, BALI EXPRESS-Pilkel serentak di Buleleng akan dilangsungkan pada 31 Oktober mendatang. Polres Buleleng pun telah memetakan pola pengamanan yang mirip seperti hajatan pesta demokrasi pada umumnya.

Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol Gusti Alit Putra seijin Kapolres Buleleng  saat dikonfirmasi pada Jumat (22/10) mengatakan, setiap TPS saat Pilkel berlangsung akan dijaga seorang anggota personel. Selain itu, akan ada Padal di setiap Polsek untuk mengawal keseluruhan.

Bukan hanya itu, pengamanan juga melibatkan anggota Brimob. Penempatan pasukan tersebut akan dibagi dalam tiga wilayah. Yakni areal wilayah Timur, Tengah, dan Barat kabupaten Buleleng.

Baca juga: Ada Dua Pertanyaan Krusial Sidang Gugatan Demokrat di PTUN

"Dalmas stand by di Polres. Dimana ada kerawanan, kami akan arahkan Dalmas kesana disamping dibantu Brimob. Sebelum tanggal 25, kami juga melaksanakan patroli Show of Force ke lokasi yang dianggap ada titik rawan," jelasnya.

Dikatakan Kompol Putra, sejauh ini, Polres Buleleng telah memetakan desa-desa menggelar Pilkel dianggap rawan. Hanya saja berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, tingkat kerawanan desa tersebut dianggap tidak terlalu menonjol. Namun pengamanan ketat akan tetap dilakukan.

Pengamanan yang dilakukan Polres Buleleng juga melibatkan anggota TNI. "Kalau titik rawan tidak begitu. Tapi dari catatan Intel memang ada beberapa desa itu, namun tidak menonjol. Tapi kami utamakan wilayah yang dianggap rawan," kata Kompol Alit Putra.

Meski demikian Kompol Putra mengimbau, agar masyarakat yang desanya mengikuti Pilkel serentak tahun ini tetap mengikuti aturan. Sehingga, pelaksanaan Pilkel di 40 desa yang ada di Buleleng dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami sudah bersurat ke Dandim untuk melibatkan Babinsa dalam pengamanan Pilkel ini. Kami berharap seluruh komponen ikut terlibat dalam kelancaran pilkel serentak. Karena ini adalah pesta demokrasi yang harus kita jaga bersama agar berjalan lancar," pungkasnya.

(bx/dik/yes/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia