Rabu, 01 Dec 2021
Bali Express
Home / Politik
icon featured
Politik

Pilkel Serentak di Klungkung, Lima Incumbent Kalah

24 Oktober 2021, 17: 58: 56 WIB | editor : I Made Mertawan

Pilkel Serentak di Klungkung, Lima Incumbent Kalah

MONITORING PILKEL: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (kanan) melaksanakan monitoring pemilihan perbekel (pilkel) serentak, Minggu (24/10). (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Klungkung)

Share this      

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS- Pemungutan suara pemilihan perbekel (pilkel) serentak di Kabupaten Klungkung dilaksanakan Minggu (24/10). Berdasarkan hasil perolehan suara sementara, dari sembilan incumbent (petahana) yang ikut bertarung, lima di antaranya kalah.

Informasi yang dirangkum Bali Express (Jawa Pos Group), lima incumbent yang tidak bisa melanjutkan jabatannya yaitu di Desa Banjarangkan. Incumbent I Wayan Gde Suastika dengan 568 suara, kalah dari dua calon lain, masing-masing I Wayan Dipta 754 suara dan AA Gede Indrawan Diputra dengan 1.657 suara. Kemudian di Desa Bungbungan, incumbent I Nyoman Dana Adiyasa gagal karena hanya meraup 320 suara. Calon dengan suara terbanyak di desa itu adalah I Ketut Suartana, meraup 683 suara.

Selanjutnya, perolehan suara incumbent di Desa Negari, I Gusti Agung Ngurah Agung dengan 675 suara, disalip oleh pendatang baru, I Gusti Bagus Mahendra yang memperoleh 754 suara. Ada juga di Desa Akah, incumbent I Nyoman Sujati jadi juru kunci dari tiga calon. Sujati memperoleh 538 suara. Kalah jauh dari dua pendatang baru, yaitu I Wayan Swiarta memperoleh 1.263 suara dan I Ketut Kayanarta 1.399 suara.

Baca juga: Polres Buleleng Lakukan Pola Pengamanan Pemilu pada Pilkel Serentak

Tak hanya di Akah. Incumbent di Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida I Made Carma juga menjadi juru kunci.  Carma hanya kebagian 22 suara. Jauh dari perolehan suara I Wayan Mulu 618 suara dan I Kadek Rada Mahendra Jaya yang unggul dengan 625 suara. Rada Mahendra merupakan calon termuda tahun ini. Usianya 25 tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung I Wayan Suteja membenarkan, sebanyak lima incumbent tumbang. Sementara empat incumbent lainnya  kembali lolos. Yaitu Cokorda Putra Parwata di Desa Getakan, I Nengah Sucitra di Desa Selisihan. Ada juga I Ketut Gede Arjaya di Desa Lembongan, dan I Wayan Yasa perbekel Bunga Mekar. Sekadar diketahui, Yasa head-to head dengan istrinya, Ni Ketut Rai Sumadewi.  Yasa unggul dengan 1.944 suara dari istrinya yang mendapatkan 64 suara.

Suteja mengatakan, pilkel serentak tahun ini diikuti oleh 11 desa. Dua desa tidak ada calon incumbent. Yaitu Desa Gunaksa dan Desa Tegak. Untuk di Gunaksa, calon dengan suara terbanyak adalah I Wayan Sadiarna. Dia memperoleh 931 suara, paling banyak dibandingkan empat calon lain. Sedangkan di Tegak, calon yang memperoleh suara terbanyak atas nama I Gde Dody Septian Legawantara dengan 1.164 suara. Jauh lebih banyak ketimbang tiga calon lain. “Pelaksanaan pilkel berjalan aman dan lancar,” terang Suteja.

(bx/wan/wan/JPR)


Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia