Rabu, 19 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Pasar Seni Sukawati; Kerap Diburu Pedagang Online Luar Bali

17 Agustus 2017, 09: 40: 59 WIB | editor : I Putu Suyatra

LUKISAN: Lukisan yang dijual di Pasar Seni Sukawati adalah karya seniman setempat.

LUKISAN: Lukisan yang dijual di Pasar Seni Sukawati adalah karya seniman setempat. (KUSUMA YONI/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SUKAWATI - Karena sebagian besar produk yang dijual di Pasar Seni Sukawati ini adalah produk handmade dan hasil karya para perajin lokal, maka harga produk di Pasar Sukawati, Gianyar, ini diakui beberapa pedagang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pasar lainnya.

Sehingga tidak salah jika Pasar Sukawati sering menjadi tempat para pedagang atau pelaku bisnis online untuk membeli barang secara grosiran. “Selain wisatawan, yang beli barang ke sini adalah para pemilik toko online baik yang berasal dari Bali ataupun dari luar Bali,” jelas Dewi pedagang lukisan di Pasar Seni Sukawati.

Untuk jenis produk yang dibeli secara grosiran, diakui dewi juga tidak sebatas pernak-pernik saja, tetapi beragam jenis produk, mulai dari lukisan, baju Bali, sarung hingga patung kayu. Lantas bagaimana dengan harga?

Ditanya demikian, baik Suci maupun Dewi mengaku jika harga yang dipatok di Pasar Seni Sukawati cukup bersaing dnegan harga di tempat lainnya. “Untuk harga, kami patok tidak tinggi, karena sekarang pedagang seperti ini sudah banyak, sehingga harga kami sesuaikan saja,” papar Suci.

Mengenai adanya tren menaikkan harga jauh di atas harga normal yang dilakukan oleh pedagang, terutama pada wisatawan yang lugu, Suci mengatakan jika hal itu sekarang sudah jarang dilakukan. Pasalnya jumlah pedagang sudah semakin banyak dan persaingan juga semakin ketat, sehingga para pedagang tidak berani mempermainkan harga.

Untuk harga produk, pasar seni ini menjual produk mulai dari Rp 3 ribu per pcs nya hingga puluhan juta untuk satu buah lukisan. 

(bx/gek/aim/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia