Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

Fokus Nge-DJ, Berlin Bintang Tinggalkan “Kursi” Assisten Manager

Senin, 28 Aug 2017 11:10 | editor : I Putu Suyatra

PILIHAN: Bagi DJ Berlin Bintang hibup adalah pilihan. Baginya DJ adalah hidupnya, sehingga rela dia melepas karir sebelumnya yang sudah terbangun.

PILIHAN: Bagi DJ Berlin Bintang hibup adalah pilihan. Baginya DJ adalah hidupnya, sehingga rela dia melepas karir sebelumnya yang sudah terbangun. (VIRGILIUS GHERYL NGALONG/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, KUTA - Dunia hiburan malam di Bali sekarang ini lebih diidentik dengan musik Elektronic Dance Music (EDM) atau irama yang diperani oleh seorang DJ. Profesi peramu musik dengan menggunakan Turning Table (turntable) atau Mixer memang kian hari semakin dicari.

Bahkan pihak pengelola hiburan malam saling berlomba menampilkan aksi DJ. Baik lokal Bali, luar kota, bahkan dari negara-negara luar. Kebutuhan tersebut mulai menjadi sorotan. Bahkan para kawula muda atau bahkan siapa saja sudah mulai terjerumus dengan dunia DJ. Tentu tidak hanya ketenaran yang didapat, tetapi menjanjikan juga untuk kebutuhan finansial. Adalah Berlin Chintia Bintang atau yang akrab dikenal dengan nama pangung sesuai profesi yang digeluti, DJ Berlin Bintang, adalah salah satu contohnya. Menjadi seorang female DJ yang kerap tampil menghibur para party people di tengah ingar-bingar malam sejak tahun 2008 adalah bagian dari rutinitasnya. Bahkan saking cintanya dengan seni musik, wanita cantik nan seksi tersebut rela meninggalkan jabatannya sebagai Assisten Manager disalah satu perusahaan swasta ternama di Bali. 
Tak bisa dipungkiri, kehadiran female DJ selalu menghadirkan warna keseruan tersendiri. Apalagi beberapa pengelola Club malam sekarang ini, kabarnya mulai cenderung menampilkan female DJ dari pada DJ laki-laki. Dan pastinya kehadiran Berlin Bintang yang kerap tampil lebih atraktif  dibalik turntable ini kian melejit dengan banyak dan padatnya tawaran manggung di berbagai kota-kota besar.

“Sebelumnya saya pekerja kantoran dengan jabatan yang lumayan, personal assisten Manager di sebuah perusahaan swasta terkenal. Tapi akhirnya saya lepas karena saya ingin fokus pada pekerjaan DJ,” tutur gadis cantik pemurah senyum ini.

Sebuah pengorbanan dan bukti keseriusan saya terhadap pekerjaan ini. Setidaknya dirinya sudah tampil Pulau Sumatera, Kalimantan (samarinda, Pulau Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, NTT, sorong, jayapura, timika. Dan bulan depan akan ada jadwal di Papua lagi.

Perempuan berusia 29 tahun ini pun mengaku profesi tersebut dirasa sangat nyaman, terlebih sesuai dengan hobi dan passionnya. Hanya saja, tidaklah mudah untuk menjalaninya. Karena bagi wanita kelahiran Denpasar, 23 September ini, seorang female DJ tidak hanya membutuhkan skill menjamu lagu saja, akan tetapi, aura untuk bisa menebarkan rasa suka-cita dari setiap penampilan.

“zaman sekarang, kita sangat dimudahkan oleh teknologi. Semua orang bisa belajar menjadi DJ. Tapi tidak semua orang memiliki taste dan musikalitas yang baik,” jelasnya.
Berlin Bintang memang selalu tampil cantik dan begitu atraktif kala tampil diatas panggung. Hal itu pula yang membuatnya makin percaya diri. Namun ia tidak menapik, kalau dirinya sering dihadapkan dengan persoalan atau tantangan. Apalagi menyoal rutinitasnya yang begitu akrab dengan dunia malam.

 “Mungkin Nomor 1 bagi saya, yang dibutuhkan oleh seorang female DJ itu adalah mental yang kuat terhadap pekerjaan ini. Karena berprofesi seorang DJ itu berhubungan dengan dunia malam yang dekat dengan ingar-bingar hal-hal yang buruk, seperti Narkoba, Alkohol, Prostitusi,” kata Bintang.

“Kalau kita tidak bisa membentengi diri dari pergaulan yang buruk, akhirnya kita bisa terjerumus. Padahal kalau kita 'stay on track' dan serius menjalani profesi ini bisa menjamin masa depan kita dari segi materi dan kita bisa jadi sesuatu,” sambungnya.

Keseriusan Berlin Bintang dalam menggali potensi dari seni bermusik ini pun tidak hanya sebatas DJ. Ternyata, ia lebih menggali bakat serta kemapuannya lebih banyak lagi dan salah satunya adalah dirinya tengah bejar memproduce musik sendiri. “Ya selain DJ, saya juga masih menggali potensi lain untuk mendukung karir saya sebagai seorang female DJ, yaitu saya mulai pelan-pelan juga untuk belajar memproduce musik sendiri. Pastinya akan menjadi goal karir saya juga untuk kedepan,” tutur Berlin. Beberapa project baru serta aktifitasnya dalam seni musik ini memang tengah ia geluti. Ya, mau tau seperti apa bakat dan sisi lain dari Berlin Bintang, kita akan membahasnya di edisi berikut. 

(bx/vir/art/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia