Selasa, 11 May 2021
baliexpress
Home > Nusantara
icon featured
Nusantara

Menunggu Pesona Matahari Terbit dari Sanur Street Beach Walk

24 Oktober 2017, 14: 24: 28 WIB | editor : I Putu Suyatra

Menunggu Pesona Matahari Terbit  dari Sanur Street Beach Walk

TERBIT : Pantai Matahari Terbit tawarkan pesona matahari terbit dengan berbagai aktivitas kehidupan pantai. (ARIS BUDIANTO FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SANUR - Pantai sejak tahun 1970-an silam sudah menjadi salah destinasi menarik  bagi wisatawan asing maupun lokal yang berwisata ke Bali. Sebagai pantai yang terletak di pesisir timur Kota Denpasar, kawasan Pantai Sanur tidak saja memiliki pantai cantik, namun juga dikenal sebagai  pantai dengan panorama matahari terbitnya yang menawan.

Bagi wisatawan ataupun masyarakat lokal yang ingin menikmati matahari terbit (sunrise) di Pantai Sanur, tidak ada salahnya jika mencoba untuk datang ke Pantai Matahari Terbit yang terletak di sisi utara Pantai Sanur Beach.


Untuk mencapai Pantai Matahari Terbit ini, wisatawan bisa mencapainya dari beberapa arah.  Jika masuk dari arah Pantai Sanur Beach, wisatawan dapat memarkir kendaraan di areal parkir Pantai Sanur dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang terkenal dengan nama Sanur Street Beach Walk.

Baca juga: Wujudkan Program Pro Rakyat, Belanja Publik Dirancang 75,91 Persen


Bila datang dari Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai, pengunjung bisa langsung masuk dari Jalan Matahari Terbit dan terus ke arah timur hingga sampai pada areal parkir yang tepat berada di bibir pantai. Dan, untuk menikmati pantai, pengunjung bisa melakukannya dengan berjalan kaki menyusuri  Sanur Street Beach Walk.

Aris Budianto, seorang fotografer yang sudah sering mengabadikan matahari terbit di Pantai Matahari Terbit, mengatakan, jika ingin melihat matari terbit dari ufuk timur, sebaiknya wisatawan ataupun masyarakat lokal datang pagi hari sebelum pukul 06.00 Wita. “ Jika ingin mengabadikan momen sunrise ini, datang sebelum pukul 06.00 Wita,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), kemarin.


Dilanjutkan Aris, sesuai dengan namanya, Pantai Matahari Terbit tentunya menjadikan pemandangan matahari terbit di atas laut. " Hal ini  akan membuat sunrise menjadi momen yang sayang untuk dilupakan, karena bias sinar matahari akan memantul di atas permukaan laut, sehingga menciptakan panorama yang indah," urai Aris.


Apalagi, lanjutnya,  keindahan panorama matahari terbit ini akan dihidupkan dengan adnaya aktivitas para nelayan yang mulai melakukan aktivitas melaut. “Sehingga wisatawan yang datang ke Pantai Matahari Terbit di pagi hari benar-benar akan disuguhkan bagaimana aktivitas masyarakat pesisir,” terangnya.
Meskipun berada di kawasan yang sama dengan Pantai Sanur, namun kondisi pantai di Pantai Matahari Terbit diakui Aris tidaklah sama dengan kontur pantai lain yang ada di kawasan Sanur. Hal ini karena Pantai Matahari Terbit memiliki kontur pantai yang cukup unik.


Pantai Matahari Terbit tidak sama seperti pantai lainnya di Sanur, karena pantai ini memiliki pasir hitam dengan areal berpasir yang sedikit. Dimana sebagian besar areal pantai lebih didominasi oleh batu karang yang disusun sedemikian rupa untuk menahan hantaman ombak, sehingga dapat mencegah terjadinya abrasi. Walaupun begitu, air laut di pantai ini cukup tenang.


Selain bersantai menikmati pemandangan serta berenang, Aris mengatakan jika di pantai ini juga merupakan tempat yang cocok untuk memancing ikan. Pada sore hari akan banyak terlihat pengunjung yang datang untuk sekadar memancing ikan di pantai ini.


Pantai Matahari Terbit juga menjadi titik penyeberangan untuk ke Pulau Nusa Lembongan atau Nusa Penida yang dapat terlihat dari pantai ini. "Banyaknya pengunjung yang ingin menyeberang ke Nusa Penida dan Lembongan, menjadi salah satu penyebab ramainya pantai ini di pagi hari, selain oleh pengunjung yang ingin melihat sunrise,” paparnya. 

(bx/gek/rin/yes/JPR)

 TOP