Senin, 21 Sep 2020
baliexpress
Home > Bali
icon featured
Bali

Pindahkan Kabel ke Bawah Tanah, Badung Anggarkan Rp 30 Miliar

23 November 2017, 12: 30: 36 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pindahkan Kabel ke Bawah Tanah, Badung Anggarkan Rp 30 Miliar

Ilustrasi Kabel (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Guna merapikan kabel listrik dan telekomunikasi yang semrawut, Pemerintah Kabupaten Badung akan memindahkannya ke bawah tanah. Saat ini pemerintah setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tengah menyiapkan utilitas terpadu untuk itu. Sebagai titik awal, yang digarap pertama adalah kabel-kabel di kawasan Kecamatan Kuta.

Diturunkannya kabel listrik dan telekomunikasi merupakan salah satu bentuk implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Badung Nomor 19 tahun 2016 Tentang Utilitas Terpadu. Anggaran untuk proyek penurunan kabel PLN dan telokomunikasi tersebut dirancang sebesar Rp 30.006.842.000,00 dan pengawasan sebesar Rp355.315.600,00. Keduanya masuk dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Badung tahun 2018.

Sehubungan dengan hal itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Badung, Sang Nyoman Oka Permana, Rabu kemarin (22/11) mengatakan, kabel-kabel tersebut akan dibuatkan jalur khusus berupa boks. Dengan demikian, kabel tetap aman dan memudahkan petugas nantinya dalam melakukan pengecekan. “Luasnya 1,8 meter kali dua meter sepanjang satu kilometer, dan memakai boks,” ujarnya.

Proyek tersebut diharapkan dapat menepis kesan semrawut kabel listrik dan telekomunikasi yang selama ini melintang di atas. Di samping itu, sistem ini diklaim lebih aman seperti yang telah dipraktikkan di negara maju. Nah, proyek akan dimulai di kawasan Kelurahan Seminyak. “Tahap awal akan dibangun sepanjang 1 kilometer di kawasan seminyak,” tegasnya.

Ia juga menegaskan, boks tersebut secara khusus disiapkan untuk kabel listrik dan telekomunikasi. Sementara pipa PDAM dan DSDP sudah memiliki jalur khusus pula. Dengan demikian, jalur tersebut tak tercampur aduk. “Pipa PDAM dan DSDP kan sudah ada tersendiri,” tandasnya. 

(bx/adi/aim/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news