Selasa, 20 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Permandian Toya Bungkah; Wisata Sekaligus Terapi, Ini Foto-fotonya

01 Desember 2017, 10: 10: 43 WIB | editor : I Putu Suyatra

Permandian Toya Bungkah; Wisata Sekaligus Terapi, Ini Foto-fotonya

Share this      

BALI EXPRESS, KINTAMANI - Permandian Air Panas tidak saja menjadi destinasi wisata yang digemari wisatawan asing ataupun wisatawan domestik, yang berlibur ke Bali, namun sudah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi  masyarakat Bali.

Permandian air panas di Bali jumlahnya cukup banyak. Masing-masing kolam permandian air panas  ini memiliki karakter yang berbeda. Salah satu Kolam Permandian Air Panas yang sempat dikunjungi  Bali Express (Jawa Pos Group) kali ini adalah Permandian Air Panas Toya Bungkah atau nama kerennya Batur Natural Hot Spring.


Berkunjung ke permandian air panas yang berlokasi di kawasan Batur Natural Geopark ini, wisatawan bisa mencapainya dengan moda transportasi darat, seperti sepeda motor dan mobil. Jalur jalan menuju kolam permandian ini sudah cukup bagus, fasilitas wisata lainnya juga sudah sangat mendukung.

Permandian Toya Bungkah; Wisata Sekaligus Terapi, Ini Foto-fotonya

Menuju Toya Bungkah bisa dicapai dengan berkendaraan dari Denpasar menuju ke Kintamani, Bangli. Sesampainya di Penelokan (Kintamani), carilah jalan turun ke Danau Batur. Ikutilah jalan turun tersebut sampai ada pertigaan, dari situ belok kiri. Dan, setelah melewati jalan yang dikelilingi batu lava kering akibat letusan Gunung Batur yang cukup panjang, maka pengunjung akan sampai ke Toya Bungkah.


Ketut Putra, salah seorang pemandu wisata asal Denpasar mengatakan, kawasan wisata Toya Bungkah memang menjadi salah satu kawasan wisata yang ramai dikunjungi, tidak saja oleh wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing. “Untuk Toya Bungkah ini, sudah menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Bali sejak tahun 1980-an silam,” jelasnya.


Di Toya Bungkah, wisatawan tidak saja dimanjakan dengan fasilitas kolam air panas yang bisa digunakan sebagai tempat berendam, namun  juga dimanjakan dengan pemandangan indahnya Danau Batur.
Lokasinya yang berdekatan dengan Danau Batur itulah yang menjadikan pengunjung ketika berendam bisa sambil menikmati panorama keindahan alam Danau Batur dan sekitarnya yang terkenal dengan berbagai keindahan alamnya.


Jika wisatawan memandang ke sebelah timur laut Danau Batur, wisatawan akan melihat Desa Trunyan yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau, sehingga pemandangan alam yang ada di sekitar Kolam Permandian ini mampu memanjakan mata pengunjung. “Selain pemandangan yang indah, wisatawan juga akan dimanjakan dengan udara yang bersih dan segar,” lanjutnya.

Permandian Toya Bungkah; Wisata Sekaligus Terapi, Ini Foto-fotonya

Untuk berendam di kolam air panas Toya Bungkah ini, wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas pendukung di Kolam Permandian ini, karena kolam permandian dikelola oleh Desa Pakraman Toya Bungkah ini, sudah memiliki fasilitas lengkap, mulai dari restoran, kamar ganti hingga penginapan.


Untuk fasilita kolam, Putra menyebutkan Kolam Permandian Toya Bungkah ini memiliki fasiltas kolam air panas sebanyak tiga unit dengan debit air yang cukup besar. “ Wisatawan yang datang bisa berendam dengan nyaman di kolam yang telah disediakan oleh pengelola,” paparnya.


Gede Suta Lascarya, salah seorang wisatawan asal Denpasar mengatakan,  pihaknya lebih senang untuk berwisata ke Toya Bungkah dibandingkan dengan ke Kolam Air PAnas Toya Devasya. Hal ini dikatakannya karena Kolam Permandian Toya Bungkah jauh lebih sepi dibandingkan dengan Toya Devasya. “Karena pengunjung yang tidak banyak, maka berendam di kolam ini jauh lebih nyaman. Selain itu, fasilitas di Toya Bungkah juga lengkap, sehingga kami lebih suka di Toya Bungkah,” jelasnya.

Terapi Sembuhkan Penyakit Kulit
Terapi Sembuhkan Penyakit Kulit

Toya Bungkah menjadi tempat wisata yang popular di kalangan masyarakat lokal ataupun wisatawan asing. Namun, di sisi lain, Kolam Air Panas Toya Bungkah juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi untuk terapi kesehatan oleh masyarakt lokal.


Seperti yang diakui Putra, bahwa Kolam Air Panas Toya Bungkah sering dijadikan tempat untuk terapi kesehatan, karena air kolam air panas yang mengandung belerang dengan suhu sekitar 38-39 derajat ini, dipercaya oleh masyarakat bisa menyembuhkan penyakit kulit. “Sehingga masyarakat banyak yang sengaja datang untuk melakukan terapi kesehatan, bahkan terapi kesehatan ini juga sering dilakukan oleh wisatawan,” jelasnya.


Selain dipercaya bisa menyembuhkan segala jenis penyakit kulit, air panas yang ada di kolam permandian ini, lanjutnya,  juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit lainnya, seperti rematik hingga asam urat.
Beberapa orang masyarakat percaya jika air kolam ini juga bisa menyembuhkan orang dari penyakit stroke. “Memang tidak ada kajian ilmiahnya mengenai penyembuhan penyakit stroke ini, namun banyak masyarakat yang percaya,” tambahnya.


Jika masyarakt ingin mengunjungi kawasan permandian ini,   wisatawan akan dikenakan retribusi sebesar Rp 50 ribu per orang. “Dengan membayar Rp 50 ribu, wisatawan sudah bisa berendam sepuasnya di Kolam Permandian ini,” terangnya.

(bx/gek/rin/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia