Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Puncak Wanagiri Tempat Cantik yang Instagramable, Ini Foto-fotonya

24 Desember 2017, 10: 18: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

Puncak Wanagiri Tempat Cantik yang Instagramable, Ini Foto-fotonya

SPOT INDAH : Puncak Wanagiri tidak saja menjadi tempat pemberhentian bagi wisatawan yang datang dari Singaraja menuju Denpasar atau sebaliknya. Namun, kini sudah menjadi salah satu spot wisata yang jadi tujuan wisatawan. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, WANAGIRI - Puncak Wanagiri kini menjadi salah satu tempat popular, khususnya bagi pengguna media sosial. Pasalnya, di objek wisata yang berada di kawasan  Jalan Munduk Wanagiri, Desa Sukasada Kabupaten Buleleng ini, banyak tempat spot foto yang tidak saja cantik, namun juga sangat instagramable.

Puncak Wanagiri kian menawan, apalagi panorama alam indah Danau Tamblingan terlihat jelas di bawahnya. Di samping terdapat  beberapa anjungan yang siap menjadi objek foto yang cantik.

Putu Wirasa, salah seorang pengelola wisata selfie di Kawasan Puncak Wanagiri mengatakan, saat ini kawasan Puncak Wanagiri tidak saja menjadi tempat pemberhentian bagi wisatawan yang datang dari Singaraja menuju Denpasar atau sebaliknya, namun sudah menjadi salah satu spot wisata yang sengaja didatangi oleh wisatawan. Hal ini dikatakan Wirasa karena sejak satu tahun yang lalu, kawasan ini sudah sudah mulai dilengkapi fasilita wisata, seperti tempat parkir, warung makan hingga toilet. 

Puncak Wanagiri Tempat Cantik yang Instagramable, Ini Foto-fotonya

(ISTIMEWA)

“Dulu tempat ini tidak terawat, namun sejak setahun lalu, kami dari pihak desa pakraman dan kelompok pedagang yang ada di di kawasan ini, secara perlahan mulai melakukan perbaikan,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group) pekan kemarin.


Dipilihnya tema wisata selfie untuk pengembangan tempat ini, lanjutnya, tidak terlepas dari tren melakukan selfie atau swafoto di kalangan masyarakat sangat tinggi. Apalagi ditambah dengan tren penggunaan internet yang semakin tinggi di kalangan masyarakat yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup.


Selain menyediakan fasilitas tempat parkir, untuk mempercantik aktivitas foto selfie, lanjut Wirasa, pihak pengelola sengaja membangun beragam jenis anjungan yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berselfie ria.

Puncak Wanagiri Tempat Cantik yang Instagramable, Ini Foto-fotonya

(ISTIMEWA)

Seluruh anjungan yang ada di kawasan ini berada di sebelah kiri Jalan Munduk Wanagiri. Kenapa di sebelah kiri? Menurut Wirasa,  jurang yang ada di sebelah kiri jalan langsung menyuguhkan pemandangan Danau Buyan. “Pemandangan Danau Buyan juga menjadi andalan utama, sehingga anjungan yang terletak di tepi jurang ini memberikan sensasi tersendiri,” urainya.


Bentuk anjungan ini pun beragam, mulai dari Ayunan Ujung Dunia, anjungan berbentuk Kupu-kupu, Perahu hingga Sarang Burung. Selain itu, ada juga anjungan Menara Bambu Hitam, anjungan Helikopter yang siap terbang. “Pembangunan anjungan kami sesuaikan dengan kondisi alami yang ada di Puncak Wanagiri ini. Seperti Ayunan Ujung Dunia yang  dibangun dengan memanfaatkan pohon besar yang ada di kawasan tersebut,” urainya.

Puncak Wanagiri Tempat Cantik yang Instagramable, Ini Foto-fotonya

(ISTIMEWA)

Lantas, sensasi seperti apa yang bisa dinikmati masyarakat ketika berselfie ria di kawasan ini? Kartika Pramita, salah seorang wisatawan asal Denpasar mengatakan, berwisata ke kawasan ini tidak saja bisa memuaskan hobi selfienya.


Namun, juga bisa menikmati pemandangan yang indah dengan beragam fasilitas spot yang cantik dan menawan. “Selain itu, ketika saya mencoba Ayunan Ujung Dunia, saya benar-benar merasa melayang di udara dengan pemandangan danau yang indah di bawah sana,” ungkapya.


Meskipun saat ini musim hujan, namun Kartika mengaku tidak perlu khawatir kehujanan, karena di kawasan ini sudah dilengkapi  beragam fasilitas wisata yang cukup nyaman. Salah satunya adalah adanya gazebo bambu yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bersantai sambil menikmati makanan.


Tempat wisata selfie lainnya yang ada adalah Air Terjun Cinta dan wisata Sarang Burung. Lokasinya agak masuk ke dalam,  tidak menyuguhkan keindahan alam danau, tetapi alam lembah yang cantik dan taman bunga yang sengaja didesain supaya bisa menjadi latar belakang foto menarik.

Tiket Murah, Dikelola Desa Pakraman
Tiket Murah, Dikelola Desa Pakraman

(ISTIMEWA)

Untuk memanfaatkan fasilitas selfie di Puncak Wanagiri, wisatawan cukup mebayar karcis masuk sebesar Rp 10 ribu per orang untuk satu jenis anjungan. Setelah itu, wisatawan bisa melakukan aktivtias selfie secara bergantian.
Jika ingin menyantap makanan, wisatawan bisa memesan di beberapa warung yang ada di sekitar kawasan Munduk Wanagiri ini. “Wisatawan bisa memesan di warung-warung yang ada, dan bisa menikmati makanan di gazebo bambu yang kami sediakan,” terangnya.


Keberadaan warung-warung bambu di pinggir jalan ini, dikelola oleh Desa Pakraman Wanagiri dengan membuat tiga kelompok pedagang, setelah diberikan kebijakan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) selaku pengelola lahan tersebut. Kebijakan ini diberikan dengan sejumlah syarat, setelah masyarakat sekitar melalui Desa Pakraman mengajukan permohonan untuk pengelolaannya.
Wirasa mengatakan,wisatawan yang datang tidak saja di ramaikan oleh wisatawan lokal, namun juga diramaikan oleh wisatawan mancanegara.

Biasanya wisatawan mancanegara ini mendapat informasi mengenai keberadaan kawasan wisata ini dari media sosial atau dari pemandu lokal yang mengantarkan wisatawan berwisata selama di Bali. “Untuk tamu asing biasanya mereka datang dalam kelompok kecil. Mereka datang ketika akan berangkat ke Singaraja ataupun ketika kembali ke Denpasar,” ungkapnya. 

(bx/gek/rin/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia