Minggu, 18 Apr 2021
baliexpress
Home > Enjoy Bali
icon featured
Enjoy Bali

Wanagiri Tower Garden, Spot Wisata Menawan di Kawasan Konservasi

28 April 2018, 11: 52: 09 WIB | editor : I Putu Suyatra

Wanagiri Tower Garden, Spot Wisata Menawan di Kawasan Konservasi

KONSERVASI : Wanagiri Tower Garden di Desa Wanagiri, sangat menarik karena berada di kawasan konservasi hutan lindung. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, SINGARAJA - Kabupaten Buleleng, selain memiliki potensi budaya dan sejarah yang mengasyikkan untuk dieksplorasi,  juga memiliki potensi wisata alam yang indah. Apalagi saat ini fasilitas wisata di alam terbuka sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat yang ada di sekitar,  seperti Wanagiri Tower Garden yang berlokasi di Jalan Raya Wanagiri – Munduk, Singaraja.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata selfie Wanagiri Tower Garden tidak terlalu sulit. Pasalnya,  lokasinya di jalur Denpasar- Singaraja yang pasti dilewati oleh wisatawan yang akan berwisata ke Singaraja dari Kota Denpasar.


Kepala Dinas Pariwisata Singaraja, Nyoman Sutrisna  mengatakan, Wanagiri Tower Garden ini menjadi salah satu destinasi wisata buatan yang tidak saja menarik bagi wisatawan lokal, namun juga bisa menjadi alternatif destinasi bagi wisatawan asing. “Wanagiri Tower Garden ini merupakan destinasi wisata buatan yang memanfaatkan potensi alami yang ada di Desa Wanagiri,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), pekan kemarin.

Baca juga: Ekspor Motor Honda Triwulan Pertama Melonjak 22,7 persen

Wanagiri Tower Garden sengaja dibangun di kawasan perbukitan di Kabupaten Buleleng, karena saat ini aktivitas selfie di kalangan wisatawan ataupun masyarakat lokal sudah menjadi  tren. Bahkan, diakui Sutrisna, aktivitas selfie bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Karena itulah, maka Pemkab Buleleng dikatakannya menyediakan kawasan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ataupun wisatawan untuk melakukan aktivtias selfie.

“Karena kami menyediakan fasilitas selfie, maka kawasan Wanagiri Tower Garden ini dilengkapi dengan berbagai wahana untuk selfie,” ungkapnya.


Di Wanagiri Tower Garden ini,  terdapat beberapa objek untuk mengambil gambar, mulai dari taman buatan yang di tanami dengan beraneka ragam bunga tropis, anjungan bulan sabit, ayunan dengan tinggi lebih dari lima meter, dan tentunya menara bambu yang cantik.

Selain berlatar belakang menara bambu, wisatawan  juga bisa mengambil foto dengan latar belakang kebun bunga aneka warna yang sengaja disusun supaya menarik. Untuk ayunannya, wisatawan yang datang bisa mengambil foto sambil berayun.


Memajukan Perekonomian Masyarakat

Selain untuk spot wisata,  lanjut Sutrisna, tujuan dibangunnya Wanagiri Tower Garden untuk memajukan perekonomian Desa Wanagiri dan sebagai upaya konservasi lingkungan.
Karena Desa Wanagiri merupakan salah satu kawasan konservasi hutan lindung, sehingga dengan adanya spot wisata ini, kawasan konservasi di Wanagiri akan tetap terjaga.

“Desa Wanagiri akan lebih terkenal lagi dan masyarakatnya akan lebih kreatif lagi dalam mengelola lingkungan,” jelasnya.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi, dengan adanya wahana wisata selfie ini, maka akan berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Wanagiri. Selain itu, juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga alam dan lingkungan di Desa Wanagiri tetap bisa lestari dan terjaga dengan baik.

Untuk tiket masuk ke kawasan wisata ini, pengelola mematok harga Rp 10 ribu per orang. Dengan membayar tiket masuk ini, maka wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas wisata selfie di kawasan Wanagiri Tower Garden ini. Soal urusan perut?  Wisatawan bisa membeli makanan yang disediakan di beberapa warung yang ada di kawasan Wanagiri Tower Garden.  

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news