Selasa, 25 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Badung Rogoh Rp 64 M untuk THR dan TPP

07 Juni 2018, 10: 17: 48 WIB | editor : I Putu Suyatra

Badung Rogoh Rp 64 M untuk THR dan TPP

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Di tengah pro kontra soal Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pemkab Badung memilih mengikuti instruksi pemerintah pusat. THR untuk PNS di lingkungan Kabupaten Badung sudah cair Rabu kemarin (6/6). Di samping THR satu kali gaji, pegawai juga diberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) sebesar 70 persen. Total anggaran untuk THR dan TPP ONS Badung mencapai Rp 64 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, Wayan Adi Arnawa, kemarin mengatakan pemberian THR sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2018. “Pemberian THR ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2018. Juga sudah dibuatkan SK Bupati Badung, ” ungkapnya.

Adi Arnawa menyatakan, pemberian THR berupa satu kali gaji ditambahkan TPP 70 persen. THR tersebut pun sudah mulai ditransfer lewat rekening. “Sudah mulai cair hari ini (kemarin) dan masuk ke rekening, ” terangnya.

Di samping THR, PNS juga akan mendapat gaji ke-13. Hanya saja, gaji ke-13 rencananya dikucurkan Juli 2018 mendatang. “Kalau untuk gaji ke-13 nanti bulan Juli 2018. Pemberiannya juga sudah dibuatkan SK Bupati, ” paparnya.

Apakah pegawai kontrak diberikan THR juga? Ditanya begitu, Adi Arnawa mengaku sementara THR hanya diperuntukkan untuk PNS. “Sementara yang PNS saja (diberikan THR), ” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Badung, I Ketut Gede Suyasa membenarkan pemberian THR untuk PNS di Badung sudah mulai dicairkan. Pemberiannya pun nominalnya berbeda-beda sesuai jabatan dan kepangkatan. Namun demikian, total THR dan TPP yang dikucurkan mencapai Rp 64 miliar.  “Total anggaran untuk THR dan TPP sebesar Rp 64 miliar,” akunya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun atau tunjangan ketiga belas kepada Pegawai Negeri sipil. Sementara, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Gubernur Nomor 903/3386/SJ tertanggal 30 Mei 2018 serta Surat Mendagri kepada Bupati/Wali Kota No. 903/3387/SJ tertanggal 30 Mei 2018, pemberian THR dan gaji ke-13 bagi PNS daerah bersumber dari APBD.

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia