Rabu, 13 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

ASN Pemkab Buleleng Hari Ini Terima THR

08 Juni 2018, 09: 19: 08 WIB | editor : I Putu Suyatra

ASN Pemkab Buleleng Hari Ini Terima THR

Dewa Ketut Puspaka (I PUTU MARDIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SINGARAJA - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Buleleng akan menerima Tunjangan Hari Raya dan Gaji ke-13 pada tahun 2018. Khusus untuk Tunjangan Hari Raya (THR) atau Gaji ke 14 akan diterima oleh para ASN paling lambat Jumat (8/6) hari ini.

Demikian disampaikan Sekkab Buleleng, Dewa Ketut Puspaka saat dikonfirmasi mengenai cairnya THR dan gaji ke 13 para ASN di Kabupaten Buleleng, Kamis (7/6). Menurutnya, besarnya anggaran yang digelontorkan untuk THR mencapai Rp 37,5 miliar.

Puspaka menjelaskan pencairan THR akan dilakukan pada minggu ini. Diharapkan dana tersebut bisa cair Jumat. Sedangkan, untuk gaji ke-13 juga dipastikan akan diterima pada minggu pertama bulan Juli tahun 2018.

Waktu pencairan ini sudah diputuskan dalam rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan merupakan instruksi dari pusat. “Kita berharap bisa dicairkan pada Jumat besok (sekarang, Red),” jelasnya.

Pencairan ini sudah dipersiapkan dan skemanya sudah final. Dalam skema tersebut sebelumnya juga sudah dilakukan simulasi model-model anggaran yang akan digunakan untuk mebayar THR dan gaji ke-13 ini. Selama ini gaji untuk ASN dianggarkan selama 12 bulan.

Anggaran gaji ASN untuk tiga bulan terakhir akan dijadikan pedoman dalam  mengakomodasi kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13. Sehingga pada saat nanti perubahan anggaran akan disempurnakan.

“Kita juga sudah lakukan simulasi dengan menggeser anggaran gaji tiga bulan terakhir untuk mengakomodasi THR dan gaji ke-13. Selanjutnya, di perubahan akan kita sempurnakan,” ungkap Puspaka.

Pergeseran tersebut, sambung Puspaka, merupakan penerapan dari instruksi pemerintah pusat. Dimana, pencairan THR dan gaji ke-13 dapat menggunakan anggaran kas dan pergeseran anggaran. Dua cara tersebut bisa digunakan dalam mengakomodasi THR dan gaji ke-13. “Secara prinsip kami mengikuti instruksi dari pemerintah pusat tersebut,” pungkasnya.

(bx/dik/ima/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia