Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Ketua DPRD Karangasem MInta Bantuan Penanganan Pengungsi ke Mensos

08 Juli 2018, 18: 52: 02 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ketua DPRD Karangasem MInta Bantuan Penanganan Pengungsi ke Mensos

KUNJUNGAN: Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi (dua dari kanan) saat mendampingi Mensos Idrus Marham (dua dari kiri) saat mengunjungi pengungsi Gunung Agung, Sabtu (7/7). (HUMAS DPRD KARANGASEM FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, AMLAPURA - Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mengunjungi pengungsi Gunung Agung di Karangasem, Sabtu (7/7) lalu. Saat berkunjung ke beberapa tempat, Idrus Marham didampingi Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi. Kesempatan itu pun tak disia-siakan Sumardi untuk mengusulkan bantuan penanganan pengungsi.

Sumardi mengakui, dirinya terdorong mengusulkan bantuan  itu karena melihat kondisi pengungsi  yang saat ini masih ada beberapa hal yang kurang. Di samping itu, pemerintah pusat juga berkewajiban membantu pemerintah daerah. “Bukan berarti pemerintah daerah tidak mampu, tapi biar penanganan pengungsi lebih baik. Ada sinergi antara pemerintah daerah dengan pusat,” ujar Sumardi.

Dalam perbincangannya Sumardi tak hanya mengusulkan kebutuhan pengungsi saat ini. Melainkan juga untuk antisipasi ketika terjadi erupsi  lebih besar sehingga jumlah warga Karangasem yang harus mengungsi semakin banyak.

Bagaimana respons Idrus Marham? Politikus Partai Golakar itu memastikan Idrus Marham menanggapi positif usulnya. Sebagai tindak lanjut, pemerintah daerah diminta membuat perencanaan tertulis soal kebutuhan pengungsi. Tak hanya soal makan dan minum. Namun juga kebutuhan lain, seperti tenda, selimut, dan kebutuhan lainnya. “Langsung saya minta Pak Sekda (Sekda Karangasem I Gede Adnya Mulyadi,Red) membuat perencanaan. Secara bersama-sama mengawalnya,” terang Sumardi.

Disinggung terkait penanganan pengungsi saat ini, adik kandung mantan bupati Karangasem I Wayan Geredeg itu menegaskan masih perlu ditingkatkan. Misalnya, sempat ada pengungsi mengeluhkan soal makanan beberapa hari lalu. Keluhan itu harus langsung ditindaklanjuti. Pejabat di Karangasem juga diminta tidak sensitif terhadap keluhan pengungsi, termasuk kritik dan saran dari masyarakat. Baik itu disampaikan secara langsung, maupun melalui media sosial atau media massa. “Kritik itu wajar. Jangan antikritik lah. Lebih baik  langsung cek ke lapangan,” pinta Sumardi.

Di sela-sela kunjungannya, Idrus Marham mengatakan, bahwa kemensos siap membantu kebutuhan pengungsi. Pemerintah, kata dia, selalu  waspada dan menyiapkan kebutuhan pengungsi sampai kapanpun. “Sesuai pesan bapak presiden bahwa seluruh kebutuhan pengungsi harus dipenuhi,” ujar Idrus Marham.
Saat datang ke Karangasem, menteri yang juga politikus Partai Golkar itu menyerahkan bantuan  untuk pengungsi senilai Rp 156,6 juta. Tak terlihat Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri maupun wakilnya I Wayan Artha Dipa saat kunjungan itu. Informasinya, pimpinan daerah itu ada kesibukan lain.  Selain Sumardi, ikut mendampingi Sekda Karangasem I Gede Adnya Mulyadi dan beberapa pejabat terkait lainnya. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia