Rabu, 16 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Nasib Guru PNS K2 Tanpa Kualifikasi Pendidik Kandas

30 Juli 2018, 12: 23: 10 WIB | editor : I Putu Suyatra

Nasib Guru PNS K2 Tanpa Kualifikasi Pendidik Kandas

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Nasib guru PNS K2 yang tidak mempunyai kualifikasi pendidikan di lingkukungan Pemkot Denpasar kandas.Lantaran mereka ditarik menjadi staf, dan ditempatkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai kualifikasi pendidikan. 

Kasi Tenaga Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Kota Denpasar Nyoman Suryawan saat dikonfirmasi Bali Express (Jawa Pos Goup) mengungkapkan sebanyak 58 guru akan digantikan. Terdiri atas guru kelas dan guru pengajar. "Mereka digantikan karena tidak memiliki kualifikasi pendidik. Dimana ijazahnya bukan keguruan," tandasnya Minggu kemarin (29/7).

Dalam kesempatan itu, Suryawan juga mengatakan perekrutan guru kontrak baru selain mengganti PNS K2 tersebut juga untuk mengisi kekurangan guru akibat penambahan rombel sebanyak 85 orang. Dan, menggantikan guru kelas yang pensiun sebanyak 12 orang. Bahkan mereka dikatakan tidak ada yang merasa keberatan. 

"Mereka tidak ada keberatan, karena sudah disepakati dalam rapat. Semuanya bisa memahami karena tidak mempunyai ijazah keguruan terkendala dalam pengimputan data di dapodik yang tidak mau sinkron," terangnya. 

Suryawan mengakui PNS K2 ini akan ditempatkan di lingkungan Disdikpora sebagai staf. Dan, bisa saja ditempatkan pada OPD lain di lingkungan Pemkot Denpasar. "Jabatan di SK kan sebagai pelaksana setara staf," tegasnya. 

PNS K2 yang ditarik menjadi staf tersebut rata-rata sudah mengajar selama empat tahun. Sedangkan untuk usia mereka bervariasi, mulai dari 40 dan 43 keatas. 

Disinggung lamaran yang masuk selama pendaftaran dari 23 Juli hingga 27 Juli 2018, sebanyak 288 lamaran yang ditrima. Karena hanya membutuhkan 155 orang, dipastikan 133 akan disingkirkan. "Kepastiannya mungkin besok, soalnya verifikasi juga belum selesai," terang Suryawan.  

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia