Senin, 22 Oct 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Napi Lapas Tabanan Ngayah di Pura Muncak Sari

Sabtu, 11 Aug 2018 15:06 | editor : I Putu Suyatra

Napi Lapas Tabanan Ngayah di Pura Muncak Sari

BHAKTI SOSIAL : Warga binaan Lapas Tabanan melakukan bhakti sosial di Pura Muncak Sari, Jumat (10/8). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, TABANAN - Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Tabanan mengajak  para warga binaan diajak ngayah (bhakti sosial) di Pura Muncak Sari, Kecamatan Penebel Tabanan, Jumat (10/8) kemarin.Diisi dengan persembahyangan bersama, pembersihan areal pura,  penanaman pohon bunga, pemberian sumbangan alat-alat kebersihan serta penyerahan dana punia.

Kalapas Tabanan,  Putu Murdiana menjelaskan, kegiatan ini diikuti 20 orang narapidana beserta petugas pengawalan. Kegiatan ini sebagai wadah asimilasi para narapidana yang akan kembali ke tengah-tengah masyarakat. “Tentunya mereka yang bisa mengikuti program kegiatan ini narapidana yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Yang telah diseleksi seketat mungkin dengan mempertimbangkan segala resiko yang kemungkinan bisa terjadi,” tegasnya.

Bakti sosial diawali dengan persembahyangan bersama memohon kepada Tuhan agar pelaksanaan HUT RI ke- 73 dan pergelaran Asian Games dapat berjalan lancar. “Tidak lupa juga dalam persembahyangan ini memohon agar bangsa Indonesia dijauhkan dari bencana, malapetaka dan mara bahaya lainnya. Serta mendoakan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di pulau Lombok agar segera pulih kembali,” lanjutnya.

Pihaknya berharap dengan digelarnya kegiatan ini, masyarakat akan semakin memahami bahwa narapidana yang telah dibina akan kembali ketengah-tengah masyarakat. Dan diharapkan mampu menjadi anggota masyarakat yang baik, dan mandiri. “Mereka tidak boleh kita stigma sebagai penjahat. Tetapi menjadi kewajiban kita bersama untuk membina dan mengarahkan agar hidup lebih baik sesuai dengan agama serta etika yang berlaku didalam kehidupan masyarakat,” papar Murdiana.

Kedepan, kegiatan serupa akan dijadikan kegiatan rutin meskipun dalam jenis yang berbeda seperti merenovasi tempat-tempat umum, sekolah atau bedah rumah masyarakat yang kurang mampu.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia