Senin, 22 Oct 2018
baliexpress
icon featured
Politik

Di Kabupaten Karangasem Enam Bacaleg Gugur

Sabtu, 11 Aug 2018 15:14 | editor : I Putu Suyatra

I MADE MERTAWAN/BALI EXPRESS

BALI EXPRESS, AMLAPURA-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem sudah menyampaikan hasil verifikasi perbaikan dokumen bakal calon legislatif (bacaleg)Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Jumat (10/8) kemarin. Enam orang dinyatakan gugur. Salah satunya karena tak melengkapi syarat tindak pidana ringan (tipiring).

Ketua KPU Karangasem Putu Deasy Natalia menjelaskan, bacaleg yang tak melengkapi syarat tipiring itu dari Partai Demokrat daerah pemilihan VI (Kecamatan Abang). Bacaleg itu seharusnya mengumumkan bahwa pernah tersangkut kasus hukum. Itu diumumkan  di media massa. Bukti tersebut dilampirkan dalam berkas pencalonan. Ada juga surat keterangan dari pengadilan “Itulah tak dilengkapi, makanya gugur,” terang Deasy saat dikonfirmasi Bali Express (Jawa Pos Group). “Walaupun tipiring, persyaratan itu tetap harus dipenuhi. Kan tetap  namanya pernah berkasus, walaupun ringan,” sambung dia.

Selain bacaleg tersangkut kasus hukum, KPU Karangasem juga mencoret seorang bacaleg Partai Demokrat lainnya, yakni dari dapil V (Kecamatan Kubu). Itu gara-gara tidak melakukan perbaikan beberapa berkas. Sedangkan empat bacaleg gagal lainnya berasal dari Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Bacaleg partai pendatang baru ini gagal dengan alasan tidak melengkapi persyaratan. Misalnya surat keterangan sehat dari dokter tak dilampirkan.  Tiga orang dapil IV (Kecamatan Selat, Rendang, Sidemen), dan seorang dari dapil VI (Kecamatan Abang). “Ada enam bacaleg tidak bisa diumumkan DCS (Daftar Calon Sementara). Dua orang dari Partai Demokrat. Empat dari Partai Garuda,” beber Deasy. Setelah menyerahkan hasil verifikasi perbaikan itu, KPU langsung menyusun DCS yang akan diumumkan 12-14 Agustus 2018. Partai politik tak ada lagi kesempatan melakukan perbaikan terhadap bacaleg yang tidak memenuhi syarat.  Jumlah bacaleg sudah diputuskan saat rapat pleno Selasa (7/8) lalu. Jumlahnya 351 orang dari 12 partai politik. Mereka akan merebut 45 kursi di DPRD Karangasem.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia