Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Sumardi: Maknai Kemerdekaan dengan Semangat Perjuangan

15 Agustus 2018, 19: 47: 39 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sumardi: Maknai Kemerdekaan dengan Semangat Perjuangan

Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, AMLAPURA -  Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi berharap, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tak sebatas dirayakan dengan menggelar berbagai lomba. Akan lebih bagus lagi, ketika bisa mengisi kemerdekaan dengan semangat berjuang membangun daerah dengan sistem gotong royong.  “Maknai kemerdekaan dengan semangat perjuangan. Dulu para pahlawan berjuang bertaruh nyawa. Sekarang berjuang membangun daerah,” terang Sumardi, Rabu (15/8).

Sumardi menilai, Pemkab Karangasem sudah bersemangat membangun Karangasem. Hanya saja, ia menilai komunikasi  eksekutif dengan lembaga dewan termasuk kurang.  Koordinasi perlu ditingkatkan demi kemajuan Karangasem. Sebab, ketika tidak ada koordinasi antara eksekutif dengan lembaga dewan, maka tidak menutup kemungkinan pembangunan akan terhambat.

“Selama ini sering belum singkron. Kami berharap hari kemerdekaan menjadi moment introspeksi diri, bangkitkan semangat perjuangan, membangun bersama,” kata Sumardi.

Politikus Partai Golkar asal Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem itu mengatakan demikian bukan berarti mengkritisi pribadi para pejabat eksekutif di Karangasem. Namun lebih kepada program yang dijalankan kurang dikomunikasikan dengan lembaga dewan. Sehingga bisa menghambat pembangunan. “Salah satu fungsi dewan adalah fungsi kontrol, dan eksekutif sebagai eksekutor. Itu harus bisa jalan,” ungkap adik kandung mantan Bupati Karangasem  I Wayan Geredeg itu.

Moment hari kemerdekaan  tahun ini, Sumardi juga menyampaikan belasungkawa terhadap korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.  Bencana itu juga berdampak terhadap Karangasem. Sejumlah bangunan rusak di Karangasem. Selain itu aktivitas Gunung Agung juga masih berada pada level III (Siaga). Kondisi itu berdampak terhadap keadaan ekonomi di Bumi Lahar-sebutan Karangasem. Sumardi berharap kondisi itu cepat berlalu, sehingga bisa secara bersama-sama dengan eksekutif berjuang untuk memulihkan kondisi perekonomian di Karangasem.  

“Kami tidak bisa bekerja dan berjuang sendiri. Semangat gotong royong harus ada, karena baik buruknya dan maju tidaknya daerah kita itu tergantung kita semua,” ujar Sumardi.

“Atas nama pimpinan, anggota, staf dan jajaran DPRD Karagasem, kami mengucapkan Dirgahayu RI ke-73, semoga di perayaaan HUT RI ke 73 ini, kita diberikan jalan yang terbaik,” tutup Sumardi. 

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia