Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Politik

Setelah Dilantik Jokowi, Koster-Ace Diantar ke KPK

Rabu, 05 Sep 2018 21:40 | editor : I Putu Suyatra

Setelah Dilantik Jokowi, Koster-Ace Diantar ke KPK

DILANTIK: Gubernur Bali, Wayan Koster saat dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu (5/9). (HUMAS PEMPROV BALI FOR BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, JAKARTA - Akhirnya Wayan Koster - Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bali. Koster – Cok Ace di Istana Negara oleh Presiden RI. Setelah pelantikan, mereka kemudian diantar ke KPK.

Pelantikan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, dengan proses penyerahan penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelantikan gubernur dan wakil gubernur di Istana Merdeka. Satu persatu Presiden Jokowi menyerahkan Petikan Keppres baik baik untuk Gubernur dan Wakil Gubernur, termasuk Koster – Cok Ace.

Usai menyerahkan petikan Keppres, Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin pasukan kirab. Pasukan ini adalah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini bergerak dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Mereka membawa sejumlah alat musik marching band dan dimainkan sepanjang kirab.

Jokowi dan JK berada di posisi paling depan pasukan. Sementara di belakang Jokowi dan JK, ada Gubernur dan Wakil gubernur yang akan dilantik. Mengenakan pakaian dinas lengkap putih-putih, 9 pasangan gubernur dan wagub terpilih berjalan dari luar Istana Negara menuju ruang pelantikan dikawal Paspampres.

Setiba di Istana Negara, Jokowi menyaksikan pembacaan Keppres pelantikan sembilan gubernur dan wakil gubernur. Jokowi kemudian memimpin pengucapan sumpah jabatan para Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Memegang teguh UUD Negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," ucap para gubernur dan wakil gubernur secara serentak saat membacakan sumpah.

Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik adalah, Gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo- Taj Yasin, Gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji-Ria Norsan, Gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal, Gubernur dan wakil gubernur Bali, I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana, Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, Gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi-Lukman Abunawas, Gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Sumarsono dan Gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur l, Viktor Laiskodat- Josef Nae Soi.

Setelah dilantik, para Gubernur – Wakil Gubernur menandatangani Surat Keputusan Presiden. Terlihat hadir dalam pelantikan Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menteri lainnya. Termasuk juga Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri an beberapa pimpinan Partai lainnya.

Saat pembacaan sumpah, Koster didampingi oleh Rohaniawan yaitu seorang Sulinggih Ida Sri Bhagawan Putra Natha Nawawangsa yang saat Walaka bernama Dewa Mardiana. Dalam pelantikan ini beberapa pejabat Bali hadir, misalnya Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Bupati Buleleng Agus Suradnyana dan pejabat lainnya.

Tak hanya Koster yang dilantik, kemarin juga langsung dilantik Ketua Tim Penggerak PKK yaitu nyonya Putri Koster. Menurut Staf Khusus Rumah Transisi Made Arimbawa yang ikut dalam rombongan ke Jakarta, sebelum pelantikan Koster – Cok Ace melakukan persiapan di Perwakilan Pemprov Bali Jakarta. “Persiapannya di Perwakilan Pemprov Bali di Jakarta,” jelas Mantan Ketua DPRD Tabanan ini.

Dia juga mengatakan Koster – Cok Ace sempat melakukan geladi bersih di Istana Presiden pukul 07.30 WIB. “Sempat juga menjalani Geladi Bersih, paginya,” kata Mantan Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali ini.

Informasi lain yang didapatkan Koran ini, setelah proses pelantikan berjalan Koster – Cok Ace dengan Gubernur dan Wakil Gubernur lain melakukan audensi dengan pimpinan KPK. Yang diantar langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Audiensi berlangsung puku 15.50 WIB. Setelah acara audiensi, Koster – Cok Ace kembali ke Perwakilan Bali dan menginap di Perwakilan Bali.

Koster – Cok Ace rencananya akan sampai Bali Kamis hari ini dan Sabtu (8/9) akan menjalani sertijab dan menyampaikan pidato politik di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Bali. 

(bx/art/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia