Rabu, 21 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Politik

Sandiaga Uno: Jangan Saling Menyalahkan, Mari Bersatu Bela Rupiah

Senin, 10 Sep 2018 09:21 | editor : I Putu Suyatra

Sandiaga Uno: Jangan Saling Menyalahkan, Mari Bersatu Bela Rupiah

JAWAB PERTANYAAN: Sandiaga Uno menjawab pertanyaan naka –anak muda di Sanur, Sabtu (8/9). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, DENPASAR – Resmi akan mendampingi Prabowo Subianto, Bacalon Wapres Sandiaga Salahuddin Uno mulai bergerak ke Bali. Wakil Gubernur Jakarta yang sudah mengundurkan diri ini, tiba di Bali Sabtu (8/9/). Dan langsung menyapa generasi milenial dalam sebuah seminar di Hotel Puri Dalem, Sanur.

Kedatangan mantan Ketua Umum HIPMI ini disambut histeris generasi milenial Bali. Mereka langsung mengajak Sandi foto Selfie. Usai acara, Sandi kembali diajak foto selfie.

Penampilan Sandi malam itu menegaskan karakternya yang dekat dengan generasi milenial. Sandi mengenakan kaos berkerah, sweater diikat di pinggang, bercelana panjang dan mengenakan sepatu kets. Sandi memberikan motivasi berwiraswasta dan membagikan pengalamannya menjadi wiraswasta. Suasana diskusi tampak cair. 

Pada kesempatan itu, ia ditodong pertanyaan tentang cara mengatasi untuk menekan dolar. Menurut Sandi, saat ini bukan saatnya untuk saling menyalahkan. Sebaliknya, harus bersatu padu membantu pemerintah untuk kembali menguatkan rupiah. "Jangan saling menyalahkan, mari bersatu padu, membela rupiah,” katanya. 

Menurut dia, semua pihak harus membantu pemerintah yang saat ini tengah sibuk mengendalikan laju dollar. Baginya dalam situasi seperti ini, memang pariwisata amat diuntungkan. Hanya saja, bagi UMKM dan kebutuhan rumah tangga pasti akan berdampak. Sebab, beberapa kebutuhan dalam negeri masih impor dari beberapa negara seperti bawang putih dan beras. 

Untuk megatasi gejolak Dollar, Sandi memaparkan empat langkah yang meati dilakukan. Pertama, lakukan penghematan, tidak boros dan berperilaku konsumtif. "Kalau tidak perlu jangan lakukan pengeluaran, apalagi barang impor," ujar Sandi yang malam itu menggunakan udeng.

Kedua, jangan bepergian ke luar negeri. "Bantu pemerintah, bela negara. Kalau mau berwisata jangan pergi ke luar negeri. Pergi saja ke Bali, ke Lombok, Bintan dan lainnya juga,” sebutnya. Ketiga, semua pihak perlu mengingatkan pemerintah agar tidak mengeluarkan biaya yang tidak menciptakan tenaga kerja.  Terakhir, ia berpesan kepada emak-emak agar tidak membeli produk impor.

Sedangkan, Minggu kemarin Sandi memulainya dengan mengikuti event Bali Marathon 2018 di Gianyar, bersama ribuan warga. Selanjutnya pada pukul 09.00  Sandi mengunjungi Pasar Sindhu, Sanur. Saat memasuki pasar, ia kembali menjadi rebutan emak-emak pengunjung pasar. Beberapa kali, mereka berebut untuk berswafoto bersama Sandi.

(bx/art/ima/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia