Rabu, 19 Sep 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Bangli Siapkan Rp 15 Miliar untuk Bangun Danau Buatan

Senin, 10 Sep 2018 10:27 | editor : I Putu Suyatra

Bangli Siapkan Rp 15 Miliar untuk Bangun Danau Buatan

Ilustrasi (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, BANGLI – Pemkab Bangli merancang anggaran Rp 15 miliar dalam APBD 2019 untuk membangun proyek  Danau Buatan. Fungsinya  untuk mengatasi meluapnya Danau Batur yang terjadi saban tahun. Sekda Bangli, Ida Bagus Giri Putra menyampaikan itu Minggu (9/9) menjawab Bali Express (Bali Express).

Selain rencana soal anggaran, dijelaskan pula Pemkab Bangli melalui Dinas PUTR Perkim sejak 2017 lalu juga telah menyiapkan Detail Engineering Design (DED). Bahkan DED tersebut saat ini sudah dilakukan penyesuaian dengan pola mengikuti inflasi. “Untuk pembuatan DED itu sudah dilakukan, dan pembuatannya juga dibantu dari Kementerian PU yang ada di Bali,” katanya.

Seperti apa teknis danau buatan tersebut? Secara singkat dia menerangkan, danau buatan itu merupakan salah satu solusi mengatasi meluapnya air Danau Batur. Sebab danau buatan ini yang nantinya dimanfaatkan untuk menampung luapan air Danau Batur yang akan diangkat menggunakan teknologi mesin. “Tapi untuk lebih detail tentang teknisnya minta penjelasannya ke Dinas PU ya,” sambungnya.

Ditambahkan, danau buatan itu direncanakan akan dibangun di wilayah Desa Suter. Hanya saja, pada titik mana danau tersebut akan dibuat, belum bisa dipastikan. Lantaran ada dua alternative pilihan lahan yang rencananya akan dipakai. Yakni antara lahan milik kementerian kehutanan atau lahan milik desa.

Selain itu, dengan anggaran yang cukup besar dalam merealisasikan pembangunan danau tersebut, Pemkab Bangli pun tetap akan berupaya mencarai dukungan dana dari pemerintah pusat.

“Ya kami tetap upayakan. Semoga saja tahun depan (2019) ada anggaran yang bisa diberikan (pemerintah) pusat,” imbuhnya.

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia