Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali

BBMKG Ingatkan Agar Waspadai Gelombang Tinggi

Rabu, 12 Sep 2018 12:07 | editor : I Putu Suyatra

BBMKG Ingatkan Agar Waspadai Gelombang Tinggi

WASPADA: Sejumlah wisatawan di Pantai Petitenget kemarin. Tampak gelombang cukup tinggi. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah III Denpasar kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Bali, Selasa (11/9). Diimbau, masyarakat pesisir dan juga pelaku wisata bahari untuk tetap waspada. Pasalnya, tinggi gelombang berpotensi 2 meter atau lebih.

Berdasar informasi  BBMKG Wilayah III Denpasar, prakiraan cuaca harian wilayah Bali dari tanggal 11-13 September, cuaca secara umum cerah-berawan. Suhu udara berkisar antara 23-32 derajat Celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 58-92 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Timur –Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 8-34 km/jam.

Selanjutnya, tinggi gelombang laut di Perairan Utara Bali berkisar 0.5-1.5 meter, di Perairan Selatan Bali berkisar 1-3.5 meter, di Selat Bali berskisar 0.5-3.5 meter dan di Selat Lombok antara 0.75-3 meter.  Kondisi ini disebabkan wilayah Bali sebagian besar masuk musim kemarau. Suhu muka laut di sekitar wilayah Bali 26-28 derajat Celcius.

Lebih lanjut, peringatan dini pun dikeluarkan, yakni waspadai potensi tinggi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih, terutama di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Perairan Selatan Bali, Selat Lombok bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali. “Imbauan BMKG kepada masyarakat antara lain masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar wilayah perairan Selatan Bali,” imbau Kepala Bali BBMKG wilayah III Denpasar, M.Taufik Gunawan dalam siaran persnya.

(bx/adi/bay/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia