Senin, 10 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Digoyang Gempa, Bangunan Baru untuk Pengantin Baru Ambruk di Sidakarya

11 Oktober 2018, 20: 36: 30 WIB | editor : I Putu Suyatra

Digoyang Gempa, Bangunan Baru untuk Pengantin Baru Ambruk di Sidakarya

AMBRUK: Bangunan rumah berlantai dua yang ambruk pasca diguncang gempa,di Jalan Bedugul nomor 19, Sidakarya, Denpasar Kamis (11/10). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, DENPASAR - Satu rumah tampak ambruk pasca diguncang gempa 6,4 SR Kamis (11/10) dini hari. Bangunan dua lantai itu diketahui milik Wayan Arka Winaya yang beralamat di Jalan Bedugul, nomor 19 Sidakarya, Denpasar. Diketahui bangunan itu juga baru selesai dikerjakan bahkan baru tahap finishing, namun sayangnya saat ini sudah rata dengan tanah. Padahal rumah itu rencananya akan ditempati anaknya yang menyandang status pengantin baru.  

Salah satu warga yang kos dekat lokasi diketahui bernama Winarto mengungkapkan, di kawasan itu merupakan komplek kos-kosan. Sedangkan bangunan yang ambruk itu merupakan bangunan pribadi milik tuan rumahnya, Wayan Arka Winaya. Sebelum ambruk, ia mengaku bersama anak kos lainnya sempat berhamburan keluar rumah mencari tempat aman. 

"Kami berhamburan keluar karena ada gempa yang pertama ya bisa dibilang cukup kecil. Bangunan masih kokoh, setelah gempa ketiga langsung ambruk bangunan tersebut. Padahal baru selesai, tinggal finishing dan siap ditempati," ungkapnya. 

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 650 juta. Selain menghancurkan seluruh bangunan dan isinya, beton bangunan juga mengenai rumah di sebelahnya. 

Sementara anak kos lainnya, Hadiprayetno mengungkapkan, bangunan itu baru jadi beberapa hari lalu yang di dalamnya berisikan perabot rumah tangga. Seperti lemari, kursi untuk di ruang tamu. Jika dihitung kerugian dari peralatan rumah tangga itu mencapai Rp 100 juta lebih. Sedangkan bangunannya dengan kerugian sekitar Rp 550 juta. Bangunan itu satu-satunya yang ambruk diakibatkan gempa, padahal bangunan yang lainnya masih berdiri kokoh. 

"Saya tidak tahu persis ya, yang pastinya bangunan ini siap ditempati. Pemiliknya pensiunan Pemda kalo gak salah. Yang pastinya ini diperuntukan untuk anaknya yang baru menikah. Maunya ditempati secepatnya setelah selesai finishing tapi sekarang malah ambruk," imbuhnya. 

Dikonfirmasi terpisah Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa mengaku terkait bangunan ambruk tersebut pihaknya belum mengetahui secara pasti. Bahkan lokasi mana saja yang terdampak gempa juga belum ia terima datanya. "Kalau bangunan ambruk itu kami belum tahu secara  pasti, begitu juga daerah mana saja terdampak di Kota Denpasar," tandasnya. 

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia