Senin, 10 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Trio Aljazair Pencuri Tas Divonis Setahun

12 Oktober 2018, 11: 37: 50 WIB | editor : I Putu Suyatra

Trio Aljazair Pencuri Tas Divonis Setahun

SALAM METAL: Tiga terdakwa pencurian dari Aljazair masing-masing Mohamed Triki, Nour El Islam Manaa, dan Islam Bettayeb saat menjalani sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Denpasar, kemarin (11/10). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, DENPASAR – Tiga warga negara Aljazair yang tersangkut kasus pencurian masing-masing, Mohamed Triki,52; Nour El Islam Manaa,31; dan Islam Bettayeb,20, akhirnya berhadapan dengan vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Kemarin (11/10), ketiganya diganjar dengan hukuman selama satu tahun. Mereka divonis bersalah melakukan pencurian tas milik orang lain. Dan perbuatan mereka tersebut dinilai memenuhi unsur pidana Pasal 363 ayat 1 ke-4 KUHP. 

“Menjatuhkan pidana kepada masing-masing terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun dikurangi masa penahanan sementara,” tegas pimpinan sidang, Hakim I Gde Ginarsa.


Putusan yang lebih ringan enam bulan dari tuntutan itu langsung diterima masing-masing terdakwa. Itu disampaikan pihak terdakwa melalui penerjemahnya. Sedangkan penuntut umum dalam perkara ini, Jaksa Nyoman Triarta Kurniawan, menyatakan pikir-pikir.

Sesuai dakwaan, aksi pencurian yang dilakukan ketiga terdakwa terjadi pada 23 April 2018 malam. Sekitar pukul 20.30. Lokasinya di Warung Pepe, Jalan Dewi Sri, Kuta, Badung.

Semula, ketiga terdakwa yang menginap di Mustika Inn, Jalan Kartika Plaza, gang Puspa Ayu, Kuta, itu datang ke lokasi kejadian untuk makan malam. Mereka datang ke lokasi kejadian dengan mengendarai sepeda motor dan menyusuri Jalan Dewi Sri.

Saat masuk ke dalam rumah makan tersebut, ketiga terdakwa berjalan beriringan. Kemudian salah seorang dari mereka yakni Nour El Islam Manaa mengambil tas selempang milik Sri Lestari, pengunjung lainnya. Tas itu kebetulan digantung di kursi. Sementara korban sedang makan.

Usai mengambilnya, tas itu kemudian diserahkan terdakwa Nour kepada terdakwa ketiga yakni Islam Bettayeb. Kemudian, ketiga terdakwa lalu pergi menuju toilet yang berada di areal parkir dan mengambil barang-barang yang ada dalam tas tersebut. Adapun isi tas tersebut antara lain selembar kartu ATM, selembar kartu kredit, SIM A, satu anak kunci, uang tunai senilai Rp 450 ribu.

Kemudian terdakwa dua dan tiga menyerahkannya (isi tas) kepada terdakwa satu (Mohamed Triki). Dan setelah mendapatkan isi dalam tas, terdakwa Nour dan Bettayeb meninggalkan lokasi lebih awal dengan mengendarai motor. Sedangkan terdakwa Triki masih berada di parkiran. Sebelum sempat pergi dari lokasi, dia terlanjur ditangkap petugas keamanan rumah makan tersebut.

(bx/hai/bay/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia