Senin, 10 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Wajah Patung Ngurah Rai Disebut Lebih Segar di Carangsari

12 Oktober 2018, 16: 32: 12 WIB | editor : I Putu Suyatra

Wajah Patung Ngurah Rai Disebut Lebih Segar di Carangsari

BERPINDAH: Patung lama I Gusti Ngurah Rai di kawasan underpass simpang Patung Ngurah Rai, Tuban diletakkan di Bencingah Puri Agung Carangsari, Petang, Kamis (11/10). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Underpass simpang Tugu Ngurah Rai, Tuban sudah bisa dilewati pengguna jalan pascadiresmikan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan September lalu. Underpass yang diproyeksikan untuk mengatasi kemacetan di kawasan keluar masuk Bandara Ngurah Rai tersebut ternyata juga melakukan penggantian ornamen. Salah satu yang digusur adalah Patung Pahlawan I Gusti Ngurah Rai. Namun demikian, penggantinya tetap Patung Ngurah Rai, namun lebih baru.

Penggantian patung sudah berdasarkan restu keluarga pahlawan nasional asal Puri Agung Carangsari, Petang tersebut. Hal itu diakui cucu Ngurah Rai, I Gusti Agung Inda Trimafo Yudha. Bahkan pihak keluarga juga disodorkan tiga sketsa patung yang baru oleh pelaksana proyek.  “Kami diberikan tiga sketsa untuk model patung yang baru dan sudah ada satu dipilih yang sudah sesuai, ” ungkapnya, Kamis (11/10).

Salah satu caleg PDIP Badung itu mengaku pihak keluarga tak memasalahkan penggantian patung. Alasannya, tokohnya masih sama, yakni Ngurah Rai. “Kami tidak mempermasalahkan. Malah tadi selesai patung dipasang, banyak orang tua di desa kami Carangsari mengenang serta terpukau dengan semangat dan perjuangan beliau, ” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, patung lama Ngurah Rai tak disia-siakan. Patung yang diresmikan pada era Presiden Soeharto itu diserahkan ke pihak keluarga dan tiba di Puri Agung Carangsari, Rabu (10/10). Patung tersebut diangkut dengan kendaraan sejenis kontainer terbuka dengan patung dalam posisi tidur dan diikuti crane.

Menurut Inda, patung tersebut ditempatkan di Bencingah Puri Agung Carangsari. “Untuk sementara kami sudah tempatkan Patung di Bencingah Puri Agung Carangsari,  siapa tahu ke depan ada perluasan atau penataan. Intinya paling tidak patung itu sudah ada di Desa Carangsari, ” tandasnya.

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia