Minggu, 26 May 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Desa Kukuh Gelar Parade Baleganjur di Alas Kedaton

29 Oktober 2018, 09: 14: 48 WIB | editor : I Putu Suyatra

Desa Kukuh Gelar Parade Baleganjur di Alas Kedaton

MENARIK: Parade Baleganjur Desa Kukuh yang digelar di DTW Alas Kedaton, Minggu (28/10) menarik perhatian pengunjung. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, TABANAN –Parade Baleganjur di DTW Alas Kedaton, Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabananan Minggu (28/10). Diikuti 11 Sekaa Teruna (ST) dan 1 sanggar. Sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat generasi muda desa itu.

Kegiatan yang dihelat Pemerintah Desa Kukuh itu  juga untuk promosi pariwisata di DTW Alas Kedaton. Acara tersebut dibukaWakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya didampingi anggota DPR RI Made Urip, anggota DPRD Tabanan, Putu Eka Putra Nurcahyadi dan I Gusti Made Purnayasa. Juga hadir Camat Marga, I Gusti Agung Alit Adiatmika.

Tema baleganjur beragam, mulai dari pesan anti narkoba hingga merawat tradisi. ST Tirta Sari Kusuma Banjar Tatag dengan budaya mapeed. Tradisi mapeed di Desa Kukuh selalu digelar setiap pujawali di Pura Dalem Kahyangan Alas Kedaton dan Pura Desa. ST Satya Dharma Banjar Batanwani mengusung pesan mengutamakan tabuh rah untuk upacara bukan menonjolkan tajen.

Kemudian ST Dharma Susila Banjar Dalem Kerti sampaikan pesan pelestarian lingkungan. Berupa larangan nyetrum dan meracun ikan. Tak ketinggalan, ST Bina Satria Banjar Munggal, pesan kekinian. Yakni imbauan anti narkoba dan mengindahkan pesan orangtua.

Perbekel Desa Kukuh, I Made Sugianto menjelaskan, kegiatan ini digelar sebagai wadah untuk mengeksplorasi bakat seni yang dimiliki ST di desanya. Terlebih Desa Kukuh memiliki objek wisata Alas Kedaton. Yang sangat tepat dijadikan lokasi untuk mempertunjukkan penampilan seni dan budaya. Sehingga wisatawan semakin tertarik datang ke objek wisata yang dikenal dengan kawasan hutan keranya tersebut.

“Peserta baleganjur ST se-Desa Pakraman Kukuh dan partisipasi dari sanggar, sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda,” tegasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia