Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

HUT Smansa ke-68 Tahun, Alumni Diminta Berperan Aktif

29 Oktober 2018, 11: 42: 14 WIB | editor : I Putu Suyatra

HUT Smansa ke-68 Tahun, Alumni Diminta Berperan Aktif

LEPAS BALON: Ketua Umum Ikamasa Prof Pitana bersama Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra saat melepas balon udara bertepatan HUT Smansa ke-68, Sabtu (27/10). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, SINGARAJA- SMA Negeri 1 Singaraja (Smansa) memasuki usia 68 tahun. Peringatan HUT berlangsung Sabtu (27/10) di aula sekolah setempat. Di usianya yang sudah matang, para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Smansa Singaraja (Ikamasa) diajak berperan aktif dalam memajukan almamaternya.

Ketua Umum Ikamasa, Prof. Dr. I Gede Pitana, M.Sc menjelaskan itu, saat memberi sambutan pada peringatan HUT. Pria yang kini menjabat Tenaga Ahli Bidang Pemasaran dan Kerjasama Kementrian Pariwisata menyebutkan, alumni Smansa sudah mencapai ribuan orang.

Bahkan, dari ribuan orang tersebut banyak sudah mencapai kesuksesan di bidang masing-masing. Menurutnya, sekarangl waktunya untuk menghimpun mereka sebagai aset daripada SMANSA untuk membangun sekolah. “Saya yakin dengan jumlah yang ribuan tersebut jika dihimpun akan bisa membangun Smansa ini lebih berkualitas lagi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Singaraja, I Putu Eka Wilantara mengungkapkan, dalam hari jadinya ini, Smansa mengusung tema “Feel the Passion for The Future”. Pihaknya mengajak seluruh civitas akademika untuk mengenal jati dirinya lebih dalam lagi. Sehingga bisa membangun lembaga sekolah ini lebih baik lagi. “Kami mengajak warga sekolah untuk lebih mengenal jati dirinya pada hari jadi kali ini,” ujar Eka.

Eka menambahkan, ada berbagai aktivitas yang dilakukan baik internal maupun eksternal dalam perayaan HUT Smansa ini. Namun, ada yang berbeda pada perayaan HUT kali ini. Yaitu mempertemukan alumni, mantan guru dan pegawai yang sudah purnabakti.

Tujuannya untuk mempererat lagi hubungan antar guru yang sudah purnabakti dengan par alumni. “Pastinya kegiatan tersebut untuk lebih memajukan Smansa ke depannya. Apalagi pada tahun 2017 sudah terbentuk Ikamasa,” pungkas Eka Wilantara.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang juga alumni Smansa. Ia minta alumni harus ikut berpartisipasi dalam pembangunan almamaternya. Menurutnya, partisipasi bisa saja dalam bentuk pembangunan fisik maupun non fisik. Selain itu kegiatan-kegiatan reuni perlu digelar mempertemukan kembali teman-teman lama yang sempat bersekolah di Smansa.

 “Kami sebagai alumni hadir dan berpartisipasi aktif untuk mendukung kegiatan sekolah,” jelasnya.

Bila tak ada aral melintang, reuni agung rencananya akan digelar Ikamasa pada HUT Smansa ke-70 tahun 2020 mendatang. Rencana tersebut sudah dicetuskan oleh para pengurus Ikamasa.

Selain itu, keperluan pembangunan infrastruktur yang belum selesai dan pembinaan kualitas siswa Smansa akan dibantu para alumni yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. “Kami akan bantu untuk membangun Smansa ini agar lebih berkualitas lagi,” ujar Sutjidra.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia