Rabu, 22 May 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Disambar Petir, Atap Puskesmas Selemadeg Timur II Jebol

04 November 2018, 19: 23: 07 WIB | editor : I Putu Suyatra

Disambar Petir, Atap Puskesmas Selemadeg Timur II Jebol

PETIR : Kondisi bangunan Puskemas Seltim II yang plafonnya jebol setelah disambar petir, Minggu (4/11). (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, TABANAN - Hujan disertai petir yang terjadi di wilayah Tabanan yang terjadi Minggu dini hari (4/11) menyebabkan kerusakan material yang cukup parah di Puskesmas Selemadeg Timur II. Sebab puskesmas yang berlokasi di Banjar Beraban Kauh, Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan atapnya disambar petir.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan menyebutkan, peristiwa itu diperkirakan terjadi Minggu dini hari (4/11) sekitar pukul 02.00 Wita. Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh salah seorang warga, I Gede Dudiarta, 40, asal Banjar Gerombong, Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan. Ketika itu sekitar pukul 06.30 Wita saksi pergi ke gudang kayu miliknya yang berlokasi didekat Puskesmas Selemadeg Timur II. Namun saat melintas didepan Puskesmas ia melihat atap puskesmas sudah hancur dan banyak genteng berjatuhan. “Saya pergi ke gudang untuk melihat karyawan yang lokasinya pas di sebelah puskesmas, dan saya lihat atap puskesmas sudah jebol,” ujarnya.

Ia pun memperkirakan jika atap puskesmas telah disambar petir, mengingat saat hujan deras dini hari sempat terdengar suara petir menggelegar. Sayangnya ia tak langsung melaporkan peristiwa itu kepada aparat setempat karena harus bekerja. “Tetapi tadi petugas dari kepolisian, kecamatan dan petugas puskesmas sudah ada di lokasi,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Sopir Puskesmas Selemadeg Timur II, I Nyoman Putra. Pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai kerusakan di puskesmas pada pagi hari. Selanjutnya ia pun melaporkan hal tersebut kepada aparat setempat.

Setelah dicek ternyata atap pada bangunan pelayanan sudah jebol. Dimana plafon pada ruang apotik, KIA, ruangan gigi, dan konsultasi menyusui jebol. “Untuk peralatan didalamnya saya belum tahu, tetap sudah dicek Kepala Puskesmas. Dan rencananya untuk sementara barang-barang dipindah ke bangunan administrasi disebelah,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Selemadeg Timur AKP I Putu Oka Suyasa mengatakan bahwa jebolnya atapnya bangunan puskesmas tersebut membuat sejumlah benda-benda inventaris di dalam puskesmas terkena hujan dan rusak. “Dan setelah dicek bersama-sama kerugian yang dialami diprediksi mencapai Rp 150 Juta, karena ada benda-benda elektronik seperti proyektor, laptop, komputer hingga printer yang terkena hujan,” tegasnya. 

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia