Senin, 19 Nov 2018
baliexpress
icon featured
Bali

Pasca Bocor hingga Plafon Jebol, Dewan Minta Gedung BCC Dicek Struktur

Jumat, 09 Nov 2018 11:52 | editor : I Putu Suyatra

Pasca Bocor hingga Plafon Jebol, Dewan Minta Gedung BCC Dicek Struktur

JEBOL: Plafon gedung BCC yang jebol. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Launching Badung Smart City dan peresmian Badung Command Center rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Mangupura, 16 September mendatang. Celakanya, sejumlah alat sempat terkena rembesan air gara-gara bocornya gedung Badung Command Center (BCC), Rabu (7/11).

Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, menyayangkan kerusakan plafon gedung anyar tersebut. Apa lagi rembesan air mengenai sejumlah peralatan penting, utamanya yang berkaitan dengan program smart city.

Berkenaan dengan itu, Parwata meminta agar dilakukan pengecekan struktur bangunan. Ia khawatir, karena menyangkut keamanan dan keselamatan jangka panjang. “Kami minta cek struktur yang sudah selesai dan pekerjaan penunjang lainnya dengan menggunakan pihak ketiga yang independen. Jangan-jangan strukturnya juga lemah. Ini perlu untuk keamanan kita bersama,” pintanya.

Di samping itu, ia menegaskan kontraktor harus bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan. Pasalnya, gedung tersebut masih masuk dalam masa pemeliharaan. “Karena ini masih dalam proses pemeliharaan, kontraktor harus bertanggungjawab atas kerugian tersebut,” tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung, I Wayan Weda Dharmaja, Kamis (8/11) kemarin menyatakan pihaknya masih melakukan proses pengeringan alat-alat yang terkena air menggunakan hair dryer, khususnya server Hyperflex yang menjadi alat utama penyimpanan data. Selain itu, tengah dilakukan perbaikan terhadap plafon yang jebol. Itu sebabnya aliran listrik di gedung Command Center belum pulih sepenuhnya. Akibatnya,  jaringan internet di sejumlah instansi di Pemkab Badung terputus. “Kami tengah melakukan proses pengeringan,” ungkapnya sembari berharap Jumat (9/11) hari ini, alat-alat sudah bisa terpasang kembali.

Disinggung mengenai launching Badung Command Center (BCC) yang tinggal menghitung hari, pejabat asal Desa Sembung, Mengwi itu tetap optimistis. “Kami akan memaksimalkan tenaga yang ada untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kami tetap optimis sesuai target,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) IB Surya Suamba, memastikan jebolnya plafon akibat saluran pembuangan pada talang air tersumbat kotoran. “Setelah kejadian langsung kita bersihkan, dan gedung Kominfo masih dalam masa pemeliharaan rekanan hingga Januari 2020,” akunya.

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia