Kamis, 13 Dec 2018
baliexpress
icon featured
Politik

Koster Targetkan PDIP Kuasai 21 Kursi Dewan Gianyar

18 November 2018, 18: 59: 07 WIB | editor : I Putu Suyatra

Koster Targetkan PDIP Kuasai 21 Kursi Dewan Gianyar

RAKORCAB : Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster saat memberi semangat sekaligus menutup Rakercab DPC PDIP Gianyar Minggu (18/11). (WIDIADNYANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, GIANYAR - Menghadapi Pileg 2019 yang tinggal beberapa bulan lagi, Sabtu sore (17/11) DPC PDIP Gianyar menggelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Pemenangan Pemilu 2019. Hadir pada acara yang berlangsung di Wantilan Sekretariat DPC PDIP Gianyar itu, Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster. Pada paparannya kepada semua pengurus dan caleg, Koster menekankan kepada kadernya untuk menembus target yang telah ditetapkan. Dimana untuk kursi DPRD Bali dapil Gianyar, Koster menargetkan merebut 4 dari 6 kursi yang diperebutkan. Target itu naik 1 kursi dari raihan 3 kursi saat ini.

“Untuk DPR RI, sekarang kita (PDIP Bali) punya 4 kursi, target kita harus menjadi 5 kursi. Untuk provinsi juga, sekarang 24 kursi dari 55 kursi. Maka harus naik menjadi 31-32 kursi. Tiap kabupaten harus naik, termasuk Gianyar dari 6 kursi (diperebutkan), sekarang dapat 3 kursi, target kita naik menjadi 4 kursi,” ucapnya.

Dengan gaya bicaranya yang khas, selain menargetkan perolehan kursi DPR RI dan DPRD Bali, khususnya dapil Gianyar. Untuk DPRD Gianyar, Koster juga memberikan target untuk bisa menguasai kursi dewan Gianyar. Dimana dari 40 kursi dewan, PDIP ditargetkan harus mampu merebut 21 kursi.

“Untuk dapil 1 (Kecamatan Gianyar) harus jadi 4 (raihan kursi saat ini 3). Dapil 2 (Blahbatuh dan Tampaksiring) sekarang kita dapat 4, harus naik menjadi 5. Dapil 3 (Sukawati) sekarang dapat 4, targetnya naik menjadi 5 kursi. Dapil 4 (Ubud) sekarang dapat 2, maka harus naik menjadi 3 kursi. Terakhir Dapil 4 (Tegallalang dan Payangan) sekarang dapat 3, harus menjadi 4 kursi,” bebernya.

Target tersebut menurut pria asal Buleleng, ini jika mampu tercapai, maka secara langsung membuat kinerja PDIP semakin kuat di legislatif. “Kalau bisa tercapai itu bisa 21 kursi dari (total) 40 kursi. Sehingga kuat di legislatif dan program pro rakyat bisa dijalankan,” imbuhnya.

Selain membeber target, Koster dalam paparannya kepada para kadernya menegaskan, semua jajaran partai harus solid. Mulai dari tingkat DPD, DPC hingga anak ranting. “Semua harus solid, partai harus solid, DPD, DPC sampai anak ranting harus solid. Harus solid untuk melangkah ke depan,” ucapnya.

Lalu bagaimana dengan target Pilpres. Koster yang mendapat laporan pemetaan suara pemilih dari Ketua DPC PDIP Gianyar mengatakan, untuk Pilpres target suara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf Amin) dipatok 86 persen untuk Gianyar.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Gianyar I Made Mahayastra pada para kadernya mengatakan, partai tidak pernah berhenti berjuang. Setelah Pilkada serentak beberapa waktu lalu, kini kader partai bersiap menghadapi pemilu.

“Untuk Rakorcab ini, agendannya masih linier, yakni pemenangan Pilpres, dan pemenangan Pileg, dan penjabaran program partai secara umum, serta PPNSB (Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana),” ucapnya.

Disinggung mengenai target 85 persen untuk kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, politisi asal Payangan, ini mengatakan, angka itu realistis melihat peta kekuatan partai di Bali, khususnya Gianyar. “Target itu realistis. Pertama partai di Bali yang memang suara signifikan di Bali, yakni PDIP, Golkar, Hanura, PKPI itu pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Kalau lawan kan kekuatan utamanya di Gerindra. Makanya kalau lihat suara partai, target 85 persen realistis,” jawabnya.

Bahkan khusus untuk di Gianyar, pihaknya secara khusus telah memetakan perolehan suara yang dapat direbut paslon Jokowi-Ma’ruf Amin. Untuk Kecamatan Gianyar, pihaknya yakin mampu mendulang 85 persen suara, Blahbatuh 88 persen suara, Tampasiring 86 persen, Sukawati 88 persen, Ubud 85 persen, Tegallalang 80, dan Payangan 89 persen suara. 

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya

AHM Ajak Konsumen Jajal RCV213V-S

13 Desember 2018, 09: 09: 38 WIB