Rabu, 16 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Koster Bangun Sekolah seperti Bali Mandara Plus Pasraman di Kubu

27 November 2018, 08: 57: 49 WIB | editor : I Putu Suyatra

Koster Bangun Sekolah seperti Bali Mandara Plus Pasraman di Kubu

Gubernur Bali, Wayan Koster (HUMAS PEMPROV BALI FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Untuk program pendidikan, Gubernur Bali Wayan Koster akan melanjutkan Made Mangku Pastika. Koster akan membangun sekolah serupa dengan SMA/SMK Bali Mandara seperti di Buleleng. Lokasinya akan dipilih di Kubu, Karangasem.

“Tahun 2019, kami akan bangun di Kubu, Karangasem seperti Sekolah SMA/SMK Bali Mandara,” kata Koster. Bahkan setelah selesai di Karangasem, akan dilanjutkan mendirikan sekolah serupa di Jembrana. Dipilihnya dua kabupaten itu, karena masuk dalam kategori daerah yang miskin. Diungkapkan yang membedakan dari sekolah Bali Mandara, sekolah yang akan dibangun ini akan ditambah pasraman untuk pendidikan agama Hindu. 

“Nanti terintegrasi semacam pasraman tambahannya. Bagus juga total di sana. karena tiga ini miskin. Jalur pantai ini hidupnya susah. Jembrana itu pantura,  Buleleng, dan  Karangasem harus ada pendidikan untuk mengatasi masalah kemiskinan,” jelasnya. “Adeng – adeng pokokne beres (pelan – pelan tapi pasti jadi),” urainya.

Koster mengatakan, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 30 juta per orang.

Karena itu adalah sekolah yang khusus. Semua ditanggung sampai makanan dan asrama. Hal ini untuk mewujudkan pendidikan berkualitas maka kuncinya ada pada komponen guru. “Tidak ada negara yang berhasil pendidikannya tanpa guru yang berkualitas,” katanya. Oleh karena itu, ia menilai guru memiliki posisi yang sentral dan sangat strategis untuk membangun dunia pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali TIA Kusuma Wardhani yang diwawancarai terpisah, mengaku untuk sekolah tersebut sedang proses pembangunan. Lokasi sudah pasti di Kubu Karangasem.  “Sudah pasti di Kubu Karangasem, seger tahap pembangunan. Luas sekolah hampir sama dengan di Buleleng,” kata TIA.

(bx/art/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia