Rabu, 20 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Features

Menengok Galeri Kenangan Marsekal TNI (Purn) IB Putu Dunia di Nyambu

08 Desember 2018, 11: 17: 18 WIB | editor : I Putu Suyatra

Menengok Galeri Kenangan Marsekal TNI (Purn) IB Putu Dunia di Nyambu

GALERI: Perbekel Nyambu Ida Bagus Putu Sunarbawa berada di bawah pesawat di Galeri Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia, Jumat (7/12) kemarin. (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, TABANAN - Untuk menambah fasilitas penunjang Desa Wisata Nyambu, sebuah galeri dibangun di Banjar Tohjiwa, Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Tabanan. Galeri ini bukanlah galeri lukis atau foto, namun galeri kenangan dari seorang Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia MM. Seorang putra Tabanan yang memiliki karir cemerlang di TNI Angkatan Udara.

Sekilas tak ada yang istimewa dari sebuah rumah di Banjar Tohjiwa, Desa Nyambu, Kecamatan Kediri, Tabanan. Yang membuat beda, terlihat sebuah pesawat bertengger di atas sebuah bangunan. Ya, bangunan yang tidak terlalu besar tersebut merupakan galeri kenangan Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia MM.

Di dalam galeri terdapat foto, atribut TNI AU, lencana kehormatan, termasuk seragam yang pernah digunakan oleh IB Putu Dunia yang memiliki karir gemilang di TNI AU tersebut.

Menurut Perbekel Desa Nyambu, Ida Bagus Putu Sunarbawa, dibangunnya galeri kenangan tersebut awalnya adalah semata-mata untuk menunjang fasilitas di Desa Nyambu yang merintis Desa Wisata. Apalagi hal itu dirasa tidak berlebihan, mengingat IB Putu Dunia merupakan putra Desa Nyambu yang ingin turut berpartisipasi membangun desa sekalgus menjadi motivator bagi generasi muda agar tidak pernah putus asa mengejar mimpi, terutama bagi yang ingin menjadi TNI. “Apalagi kalau sampai punya karir yang baik seperti IB Putu Dunia, minimal ada bayanganlah, sambil berwisata juga menambah ilmu sehingga termotivasi,” ujarnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Jumat (7/12).

Selain dapat melihat langsung atribut TNI, lencana, hingga seragam, pengunjung juga bisa membaca buku-buku bacaan di bidang TNI yang ada di galeri tersebut. IB Putu Dunia sendiri merupakan perwira tinggi TNI dengan bintang empat di pundak yang pernah menjadi Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (KSAU), dan kini masih menetap di Jakarta. Namun, kepeduliannya terhadap tanah kelahirannya tidak bisa dipungkiri, sehingga dirinya ingin ikut berpartisipasi dalam membangun desa. “Galeri kenangan ini diresmikan 8 Oktober 2017 oleh Danlanud Ngurah Rai, Kolonel Pnb Wayan Superman,” sambungnya.

Yang menarik lainnya adalah diletakkannya sebuah pesawat di atas galeri. Pesawat dengan tulisan Jupiter 204 di ekornya tersebut tidaklah terlalu besar, namun konon memiliki keterkaitan dengan IB Putu Dunia, karena pesawat jenis tersebut dahulu digunakan untuk berlatih oleh ayah tiga orang anak tersebut. “Konon pesawat itu tahun 80-an digunakan sebagai pesawat latih,” lanjut Sunarbawa.

Pesawat tersebut dimohonkan langsung kepada KSAU untuk dibawa ke Bali. Setelah mendapat restu, pesawat dibawa dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bali dengan cara dipotong menjadi tiga bagian.

Sesampainya di Desa Nyambu, potongan pesawat kembali dirakit oleh teknisi dari TNI AU, untuk selanjutnya dipasang di atas galeri dengan bantuan crane. Di samping itu, juga ada mobil Jeep yang dulu digunakan IB Putu Dunia saat bertugas di Makassar. “Pemasangannya cukup sulit, apalagi mesin-mesin pesawat dibiarkan terpasang karena masih hidup, hanya saja pengunjung tidak bisa naik ke pesawat. Hanya jadi latar selfie saja,” imbuhnya.

Dengan adanya galeri tersebut, pihaknya berharap Desa Wisata Nyambu yang berkonsep ecotourism dapat semakin dikenal, apalagi menurutnya Desa Wisata Nyambu berbeda dengan desa wisata lainnya karena merupakan desa wisata minat khusus bagi pemerhati lingkungan, subak, hingga study banding. Adapun berbagai paket wisata yang ditawarkan adalah susur sawah, susur budaya, susur desa bersepeda, serta wisata lainnya seperti melukis, menyaksikan pagelaran tari dan drama, membuat jajan, hingga menikmati kuliner Desa Nyambu. Dan, yang paling menarik, wisatawan yang ingin menginap akan disediakan homestay yang merupakan rumah warga setempat.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia