Selasa, 25 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Gunawan Mencuat Jadi Kuda Hitam dalam Kandidat Ketua DPD I Golkar Bali

12 Desember 2018, 08: 04: 43 WIB | editor : I Putu Suyatra

Gunawan Mencuat Jadi Kuda Hitam dalam Kandidat Ketua DPD I Golkar Bali

Wayan Gunawan (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Gerakan DPD II Golkar Kabupaten/Kota minus Kabupaten Gianyar, semakin kuat. Surat permohonan segara digelar Musdalub (Musyawarah Daerah Luar Biasa) sudah diserahkan ke DPP Golkar. Mendesak agar digelar Musdalub pada 17 Desember 2018 ini. Bahkan nama – nama kandidat ketua sudah muncul, di antaranya Sumarjaya Linggih alias Demer, AA Bagus Adhi Mahendra alias Gus Adhi dan Wayan Geredeg. Di luar dugaan mencuat nama Wayan Gunawan sebagai kuda hitam, yang dianggap punya dukungan kuat juga dari DPD II Golkar di Bali.

Kabar terbaru yang mencuat, Gunawan dianggap sosok tepat memimpin Golkar Bali. Nama Gunawan dianggap tidak pernah cacat di Golkar Bali, bahkan kekaderannya di Golkar juga tidak diragukan. Gunawan dianggap Golkar asli. “Pak Gunawan itu Golkar asli, kinerjanya bagus, bahkan sangat bagus. Diakui oleh DPP. Pak Gunawan juga kader asli, tidak pernah loncat partai. Ada tokoh Golkar saat ini, namun sebelumnya adalah kader partai lain,” ujar sumber koran ini di internal Golkar Bali.

Dia mengatakan Gunawan saat ini sudah empat periode menjadi Ketua DPD II Golkar Bangli. Prestasinya gemilang, karena sepanjang dia memimpin, Gunawan dianggap mampu mengangkat jumlah kursi di Golkar. “DPP mengakui jika Bangli mampu mengangkat kursi Golkar, dari situasi yang malah merosot,” imbuhnya.

Secara nasional, Golkar merosot terakhir dominasi Golkar hanya 11 persen di Indonesia. Sebelumnya adalah 18 persen dan Pemilu sebelumnya lagi 24 persen, zaman Akbar Tanjung.

Apa yang terjadi di Bangli adalah kebalikannya. Di awal kepemimpinan Gunawan, Golkar menyumpang kursi DPRD Bali hanya 2 kursi. Kemudian pemilu selanjutnya menjadi 3 kursi, dan pemilu terakhir menjadi 4 kursi. Dalam situasi politik dominasi PDIP di Bangli, Gunawan mampu menambah kursi. “Itu pekerjaan tidak mudah, dalam situasi merosot, Gunawan mampu bangkit menambah kursi. Ini yang menjadi perhatian nasional, bahkan dianggap paling bagus secara nasional,” sambungnya.

Dia mengatakan, dengan kondisi ini Gunawan tidak pernah lepas dari Ketua DPD II Bangli. “Bahkan sampai DPP yang menandatangan agar tetap menggunakan Gunawan, kemudian Gunawan juga tidak pernah kalah untuk tarung di DPRD Bali,” kata dia.

Dari segi senioritas, Gunawan juga dianggap paling senior di antara jajaran Ketua DPD II Golkar se Bali. Gunawan malahan dianggap kader yang sangat loyal dan setia terhadap Golkar. Dia sudah menjadi Ketua Kosgoro Bangli tahun 1996. Karirnya di DPRD Bali, juga selalu mampu mewarnai DPRD Bali walaupun dominasi dari PDIP. “Sosok berani, visioner dan cerdas. Ide – idenya cemerlang, dalam mengarahkan arah pembangunan Bali,” tandasnya.

Dikonfirmasikan ke Gunawan di DPRD Bali kemarin, mengatakan bahwa tidak ada ambisi sedikitpun untuk bisa duduk di Ketua DPD I Golkar Bali. Dia mengaku tidak pernah punya ambisi berlebih di Golkar. Baginya pengabdian yang utama di Golkar. “Saya memang sudah sangat lama, saya loyal dan memang setia di Golkar. Saya selalu bekerja keras, dan pasti hasilnya tidak mengkhianati kerja keras saya,” ujar Gunawan membenarkan bahwa dirinya mampu membawa Golkar bertambah kursi di Bangli.

Dia juga mengakui, memang DPP Golkar secara khusus tanda tangan untuk tetap bisa memimpin DPD II Golkar Bangli. “Kalau dibilang senior di antara teman – teman Ketua DPD II, memang ya. Saya sudah empat periode sebagai Ketua DPD II,” sambung Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali ini.

Siap untuk bertarung jadi Ketua DPD I Golkar Bali? Gunawan mengatakan bahwa baginya forum Musdalub adalah forum terbuka, baginya mengalir saja. Musdalub nanti akan menjadi forum yang bisa mendapatkan banyak calon pemimpin yang bisa nantinya membesarkan Golkar. Calon pemimpin baik hingga terpilih yang paling baik. “Semua saya serahkan ke teman – teman menilai. Dan saya selalu akan bekerja keras dan loyal terhadap Golkar,” kata anggota Komisi I DPRD Bali ini.

(bx/art/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia