Sabtu, 07 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Wisata Tukad Unda Kembali Bergairah Paska Erupsi Gunung Agung

03 Januari 2019, 10: 35: 48 WIB | editor : I Putu Suyatra

Wisata Tukad Unda Kembali Bergairah Paska Erupsi Gunung Agung

RAMAI LAGI: Keindahan obyek wisata Tukad Unda yang kembali ramai dikunjungi wisatawan. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Sempat ditutup pasca erupsi Gunung Agung, obyek wisata Tukad Unda yang berlokasi di Banjar Lebah, Klungkung kembali dibuka. Obyek wista ini kini kembali ramai dikunjungi wisatawan, dan menjadi obyek wisata alternatif.

Saat ini, kunjungan wisatawan ke Tukad Unda cukup banyak. Berdasarkan data yang disebutkan pengelola, perharinya jumlah wisatawan ke obyek wisata ini mencapai 200 orang, baik wisatawan domestik ataupun masyarakat lokal Bali.

Kembali ramainya wisatawan yang datang, juga disokong dengan lokasi obyek wisata yang memang cukup mudah dicari. Terlebih obyek wisata satu ini juga berada cukup dekat dengan pusat Kota Semarapura, Klungkung.

Menurut Made Ariadi, salah seorang pemandu wisata di Tukad Unda, sebelum menjadi obyek wisata dengan beberapa fasilitas, sebenarnya Tukad Unda sudah menjadi obyek wisata bagi masyarakat lokal. “Dam Tukad Unda ini, menampilkan pemandangan air terjun pada sebuah bendungan buatan. Apalagi aliran air terjun merata ini, terlihat seperti tirai panjang yang membentang dari barat ke timur,” ucapnya.

Selain masyarakat lokal, keindahan tirai air di Tukad Unda juga sering dinikmati pengguna jalan yang melintasi jembatan Tukad Unda. Jembatan yang dulu merupakan jalur penghubung utama antara Kabupaten Karangasem dan Klungkung.

Tidak hanya menyaksikan tirai air yang berwarna putih, wisatawan yang datang ke Dam Tukad Unda ini juga dimanjakan dengan pemandangan hijaunya areal perbukitan yang ada di sisi utara dan sisi timur Tukad Unda.

Masih menurut Ariadi, air yang mengalir di Tukad Unda ini berasal dari gabungan beberapa sungai, salah satunya adalah Sungai Telaga Waja di bagian hulu. “Karena berasal dari beberapa aliran sungai, makanya air di Tukad Unda ini hampir tidak pernah surut sepanjang tahun,” ungkapnya.

Selain menikmati pemandangan alam disekitar Tukad Unda. Sejak beberapa tahun lalu, diakui Ariadi, Tukad Unda sudah menjadi salah satu lokasi prewedding favorit bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan aliran air Dam yang deras, dan aktivitas anak-anak bermain air, menjadikan lokasi ini sangat cocok sebagai lokasi foto dengan konsep casual.

Lantas bagaimana destinaai ini di mata wisatawan. Ayu Wien, wisatawan asal Jakarta mengatakan, bendungan Tukad Unda merupakan salah satu destinasi wisata unik. “Keunikannya, Dam di Tukad Unda dibangun bertingkat. Pada tingkat bagian atas lebih tinggi dari pada yang ada di bawahnya. Sehingga membentuk tirai air terjun yang cantik,” jelasnya.

Selain dapat bermain air, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Tukad Unda yakni fotografi. Mulai dari foto prewedding hingga swafoto atau selfie. Hal ini dikatakan Wien, lantaran saat ini obyek wisata Tukad Unda memiliki beberapa fasilitas untuk selfie. Seperti anjungan dengan tulisan Obyek Wisata Tukad Unda yang terbuat dari kayu, hingga fasilitas selfie yang sudah tersedia secara alami. Seperti air terjun yang bertingkat hingga jembatan Tukad Unda di sebelah selatan.

Sebagai tempat bersantai, obyek wisata Tukad Unda ini juga sangat cocok. Mengingat di obyek wisata ini terdapat beberapa meja taman yang bisa digunakan pengunjung. “Disisi timur juga ada beberapa gazebo, yang bisa digunakan untuk bersantai wisatawan,” tambah Wien.

Lebih lengkap lagi, bagi wisatawan yang lapar usai bermain air atau berselfie ria. Di obyek wisata ini juga tersedia kantin yang menjajakan beberapa jenis menu makanan yang bisa dibeli wisatawan.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia