Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Ruko Magali Pascal di Seminyak Semalam Membara

10 Januari 2019, 09: 22: 53 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ruko Magali Pascal di Seminyak Semalam Membara

MEMBESAR: Api membesar menghanguskan seluruh ruangan rumah milik I Made Atmaja, di Seminyak, Kuta, Badung Rabu malam (9/1). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BADUNG - Kebakaran melanda sebuah rumah dua lantai sekaligus rumah toko (ruko) Magali Pascal di Jalan Raya Seminyak, nomor 65,Kecamatan Kuta, Badung, Rabu malam (9/1). Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 Wita. Api meludeskan seluruh ruangan rumah dan perabotan milik I Made Atmaja, 35, warga Banjar Seminyak. Belum diketahui, apakah surat-surat penting seperti sertifikat dan lainnya masih tersisa atau tidak.

Pemilik rumah Made Atmaja menuturkan, saat kejadian, sekitar pukul 20.00, dirinya sedang mandi di lantai dasar rumahnya. Usai mandi, ia lantas naik menuju lantai dua rumahnya, tepat di atas Ruko Magali Pascal yang terdampak kebakaran. "Tiba-tiba mati lampu (listrik) isi ledakan seperti petasan. Saya panik. Mungkin saat itu kamar tidur sudah terbakar. Begitu saya ke atas, api sudah besar," ungkap Atmaja kepada Bali Express (Jawa Pos Group).

Tak sempat menyelamatkan barang berharga miliknya, petugas pemadam kebakaran lantas menarik Atmaja keluar dari ruang tamu yang terbakar. "Sampai saya digotong sama petugas," ucapnya.

Dia khawatir, surat-surat penting seperti sertifikat, BPKB, dan yang lainnya tak dapat diselamatkan. Dia juga belum tahu apakah surat miliknya masih tersisa atau hangus. "Pada saat itu semua panik. Api cepat besar, barang-barang belum bisa saya selamatkan," katanya.

Sementara itu, pemilik ruko yang juga kakak pemilik rumah, Komang Rudita, 45, menduga api bersumber dari korsleting listrik. Pasalnya, sebelum api membesar, muncul suara letupan menyerupai bunyi petasan. Ia juga mengatakan saat kejadian, ia bersama sang adik, Made Atmaja yang masih tinggal. Sementara anggota keluarga lain sembahyang di Banjar Tegallantang, Seminyak.

Rudita yang saat itu sedang tidur bersebelahan dengan TKP, sudah melihat si jago merah begitu cepat meludeskan rumah adiknya. "Barang-barang yang di atas ruko rasanya ludes. Karena bahan mudah terbakar semua," kata Rudita.

Pantauan koran ini, rumah milik Made Atmaja hanya tersisa dinding saja. Bagian atap rumah ludes. Sementara ruko Magali Pascal porak poranda dan kaca ruko pecah. Petugas kepolisian berjaga di TKP untuk menjaga barang-barang di dalam ruko.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung Wayan Wirya menyebut kebakaran disinyalir karena korsleting listrik. "Itu masih diselidiki. Petugas PLN juga ngecek," kata Wirya ketika ditemui di TKP.

Tim pemadam kebakaran (damkar) Badung menerjunkan 16 unit mobil pemadam. Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam. Hingga kini kepolisian Polsek Kuta menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Untuk kerugian, pemilik rumah belum bisa memperkirakan harta benda yang ikut dilahap api. 

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia