Selasa, 26 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Batasi Kantong Plastik, Diskop Badung Surati Pengusaha

11 Januari 2019, 08: 40: 32 WIB | editor : I Putu Suyatra

Batasi Kantong Plastik, Diskop Badung Surati Pengusaha

SURAT: Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan Kabupaten Badung menyerahkan surat terkait pengurangan penggunaan kantong plastik kepada pengusaha salah satu toko modern, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, MANGUPURA-Kalangan pengusaha disurati Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan Kabupaten Badung. Hal tersebut sebagi tindak lanjut Peraturan Bupati (Perbup) Badung Nomor 48 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Diharapkan agar para pengusaha bisa bekerja sama dalam rangka ‘perang’ sampah plastik.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Ketut Karpiana, Kamis (10/1) menyatakan Surat nomor: 510/22/Diskop.UKMP, tertanggal 2 Januari 2019 ditujukan kepada para pengusaha. Di antaranya adalah Supermarket, Hypermarket, Indomaret, Alfamart, Circle K, Coco Mart, Minimart, Minimarket Mandiri, serta Koperasi Pegawai Bina Sejahtera Kabupaten Badung. Surat telah dikirim minggu lalu.“Surat yang kami sampaikan intinya berisi agar menindaklanjuti Perbup Badung tentang pengurangan penggunaan kantong plastik,” ungkapnya.

Surat dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung ini juga tembuskan kepada Bupati Badung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala Dinas Pemberdaaan Masyarakat dan Desa, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Perusahaan Pasar Kabupaten Badung.

Di samping itu, Karpiana juga mengatakan pihaknya menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk turut serta dalam sosialisasi Perbup Nomor 48 Tahun 2018 tersebut. “Kami bersinergi juga dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa agar menindaklanjuti surat ini ke pasar rakyat. Begitu juga, surat kami sampaikan kepada Perumda Pasar Mangu Giri Sedana agar menindaklanjuti surat ini ke pasar binaannya,” jelasnya.

Ditegaskan pejabat asal Cemagi, Mengwi tersebut, pihaknya sangat mendukung kebijakan Bupati Giri Prasta terkait pengurangan penggunaan kantong plastik. Pasalnya, hal ini sangat bermanfaat untuk lingkungan. “Kami sejak awal mendukung penuh kebijakan dari Bapak Bupati. Makanya, begitu Perbup keluar kami langsung bergerak menyosialisasikan kepada kalangan pengusaha,” tanda Karpiana.

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia