Sabtu, 23 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Balinese
Telebusan Yeh Mekecir di Jembrana

Air Sempat Hilang Saat Hendak Dialirkan ke Rumah Warga

12 Januari 2019, 07: 19: 48 WIB | editor : I Putu Suyatra

Air Sempat Hilang Saat Hendak Dialirkan ke Rumah Warga

RAMAI: Suasana di sekitar Telebusan Yeh Mekecir di Jembrana. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, NEGARA - Berbagai cerita mistis kerap mengiringi keberadaan dua titik Telebusan Yeh Mekecir di Banjar Yeh Mekecir, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana ini. Telebusan yang merupakan berkah suci dari Dewa Ayu Telaga Manik Emas tersebut diyakini dijaga ancangan berupa ular King Kobra. Ular duwe itu pun sempat beberapa kali menampakkan diri. Ular duwe yang ukurannya sebesar paha orang dewasa, dengan panjang lebih dari 2 meter tersebut pernah dilihat pamedek menggunakan mahkota. Selain itu, Telebusan Yeh Mekecir yang letaknya di pinggir sungai tidak pernah tersapu banjir.

“Sebesar-besarnya banjir yang terjadi di Sungai Yeh Mekecir, luapan airnya paling banter hanya menggenang di samping telebusan,” ujar warga sekitar, I Nengah Suarsana.

Tidak hanya itu, lanjut Suarsana, sekitar tahun 2000 lalu warga disekitar lokasi telebusan berencana mengambil sumber air dari telebusan, sebagai sumber air kebutuhan rumah tangga di rumah-rumah warga. Anehnya, ketika dibuatkan tanggul hingga penyambungan pipa aliran ke rumah warga, air dari telebusan yang sejatinya tidak pernah surut itu, tiba-tiba hilang. Lebih aneh lagi, begitu sambungan pipanya dicabut, air kembali muncul dari telebusan.

Oleh sejumlah panglingsir yang mengetahui kejadian tersebut, akhirnya melarang warga untuk memanfaatkan sumber air dari telebusan untuk kebutuhan rumah tangga. Pasalnya, air suci dari Telebusan Yeh Mekecir dipercaya tidak bisa sembarangan digunakan sebagaimana air umumnya, seperti menyiram kotoran di kamar mandi.

“Kemungkinan Ida Dewa Ayu Telaga Manik Emas yang berstana di sini juga tidak mengizinkan air digunakan sembarangan. Akhirnya, warga tidak berani melanjutkan pipanisasi. Apalagi, setelah berulangkali dicoba, tetap saja begitu. Air tiba-tiba surut saat pipa dipasang dan begitu pipanya dibongkar, air kembali muncul,” imbuhnya.

(bx/tor/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia