Jumat, 22 Mar 2019
baliexpress
icon featured
Bali

WOW! Perbekel di Kabupaten Gianyar Dapat Mobil Dinas

12 Januari 2019, 08: 49: 45 WIB | editor : I Putu Suyatra

WOW! Perbekel di Kabupaten Gianyar Dapat Mobil Dinas

XPANDER: Perbekel di Gianyar akan mendapat jatah mobil dinas Xpandar. (ISTIMEWA)

BALI EXPRESS, GIANYAR – Perbekel atau Kepala Desa di Kabupaten Gianyar akan mendapatkan fasilitas mobil dinas. Awal tahun 2019 ini direalisasikan  64 unit untuk 64 Desa.  Pemberian fasilitas itu dalihnya untuk meningkatkan kinerja kepala desa/Perbekel. Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gianyar, I Dewa Ngakan Ngurah Adi menjelaskan hal itu saat dikonfirmasi Bali Express Jumat (11/1) kemarin.

Pengadaan mobil operasional itu diungkapkan telah melalui prosedur. Lantaran menggunakan anggaran dari APBDes dan bagi hasil pajak. "Diserahkannya awal tahun ini, tapi pastinya tidak tahu karena bukan kewenangan saya. Pengadaan itu juga rencana mobil mitsubishi xpander. Dan pengadaannya di desa bukan dari kabupaten," paparnya. 

Dalam kesempatan itu ia mengaku kapan anggaran bagi hasil pajak itu ditransper ke desa maka saat itu pengadaan mobil dinas harus ada. Mengingat anggaran itu datang dari APBDes sendiri yang terdiri atas dana pusat, restribusi pajak desa dan bagi hasil pajak lainnya. 

"Tahapan selanjutnya tinggal menunggu transper bagi hasil pajak saja. Kalau sudah ditransper itu pengadaannya dilakukan di masing-masing desa," jelas Ngurah Adi. 

Sedangkan Kepala Desa Sayan, I Made Andika mengaku menerima kebijakan itu sebagai hal yang positif. Bahkan memacu dirinya maupun perangkat desa dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Bahkan nantinya bukan digunakan untuk mobil dinas Kades saja, melainkan operasional desa. 

"Kebijakan itu sudah merupakan hasil forum dan mandat Bapak Bupati melalui Perbup yang dikeluarkannya pada Oktober tahunn lalu. Mobilnya juga operasional desa. Untuk desa siaga dan desa layak anak tentu dengan kententuan yang berlaku. Bukan untuk Kades saja, siapa saja boleh pakai guna kepentingan desa," imbuhnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia