Rabu, 20 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Penambang Batu Padas di DAS Misil Diamankan

12 Januari 2019, 09: 13: 50 WIB | editor : I Putu Suyatra

Penambang Batu Padas di DAS Misil Diamankan

DIAMANKAN: Buruh pertamabangan liar saat diamankan oleh petugas kepolisian di tepi aliran Sungai Misil, Banjar Peninjauan Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Kamis (10/1). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR – Penambang batu padas di tepi daerah aliran Sungai (DAS) Misil, Banjar Peninjauan Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar ditindak anggota Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Gianyar. Pasalnya tambang tersebut tidak mengantongi izin. Selain itu juga melanggar Pasal 158 UU RI No. 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara. 

Selain melanggar undang-undang yang berlaku, pelaku tambang liar bisa terjerat kedalam ancaman hukuman 10 tahun dan denda Rp 10 miliar. Kasat Reskrim Polres Gianyar, AKP Deni Septiawan, Jumat kemarin (11/1) menjelaskan, penindakan itu berawal dari laporan masyarakat. Bahwa di tepi aliran Sungai Misil itu terdapat kegiatan penambangan liar. 

"Team Unit IV Sat Reskrim mendapatkan info dari masyarakat pada Kamis (10/1), bahwa di tepi aliran Sungai Misil sebelah barat Banjar Peninjauan, Batuan, Sukawati ada penambangan batu padas tanpa izin. Akibatnya tepi aliran Sungai Misil menjadi sempit dan membuat airnya keruh," terangnya. 

Sesuai laporan juga dikatakan tebing menjadi longsor yang dapat merugikan masyarakat sendiri, ataupun lingkungan sekitar. Selanjutnya team dari Reskrim melakukan penyelidikan ke lokasi. Sesampai di sana sekitar pukul 10.00, pekerja dan pemilik tambang diamankan. Setelah dilakukan introgasi, yang bersangkutan mengakui telah melakukan aktivitas pertambangan  tersebut. 

Bahkan pertambangan  yang tanpa memiliki izin pertambangan dari pemerintah yang berwenang telah berjalan selama satu tahun. "Adapun barang bukti yang telah diamankan terdiri atas 2 buah paji, 1 buah patuk, 1 buah palu, 1 buah linggis , dan batu padas/ paras 200 buah," paparnya. 

Sedangkan pelaku yang diamankan  sebanyak tiga orang, yaitu I Ketut Sudiantara asal Banjar Delod Pangkung, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati. Buruh, I Wayan Wiriana, Banjar Tegalulung Bonbiyu, Desa Saba, Blahbatuh, dan buruh, Ni Wayan Mendri asal  Banjar Tegalulung Bonbiyu,Desa Saba, Blahbatuh. 

"Saat ini tersangka dan barang bukti diamankan di Polres Gianyar untuk dilakukan proses sidik lebih lanjut," imbuhnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia