Jumat, 19 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Bali Under The Moon

BPBD Bangli Belum Miliki TRC

23 Januari 2019, 06: 31: 49 WIB | editor : I Putu Suyatra

BPBD Bangli Belum Miliki TRC

I Wayan Karmawan (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

BALI EXPRESS, BANGLI - Jumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangli saat ini 21 orang. Sebagai salah satu kabupaten yang rawan bencana mereka belum memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) kedaruratan bencana. Dan sangat kewalahan menangani bencana yang terjadi secara bersamaan.

Hal itu dijelaskan Kepala Pelaksana BPBD Bangli, Wayan Karmawan saat ditemui Bali Express di kartornya Selasa kemarin (22/1). 

"Sampai saat ini kami belum memiliki TRC, karena baru ada 21 personel termasuk saya. Sehingha ketika ada kejadian kita hanya on call. Kemudian melakukan penanganan sesuai besar kecilnya bencana tersebut," paparnya.

Sedangkan untuk setiap harinya ia membagi kelompok dengan cara ganjil dan genap yang dibagi atas tiga kelompok. Jika terjadi bencana yang memerlukan banyak personil ia mengaku mengerahkan anggotanya. Selain itu jika masih tidak bisa ditangani pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait, baik secara personil maupun penambahan peralatan. 

Dia berharap agar pimpinan bisa menambahkan personil di BPBD dengan cara memindahkan pegawai tidak tetap (PTT) di isntansi lain.  "Selain itu juga saya berharap bisa dinaikkan status BPBD Bangli dari B ke A. Disusul dengan peningkatan perasonil, anggaran dan peralatan. Sehingga dalam melakukan penanganan dapat secara maksimal," paparnya.

Harapan itu dia paparkan, lantaran bencana di Bangli saat ini sangat banyak. Bahkan peralatan evakuasi mereka hanya memiliki beberapa buah sensor kayu dan satu buah perahu  karet. Namun yang bertambah setiap tahunnya hanyalah sensor saja, sedangkan personil diajukan secara bertahap. 

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia