Jumat, 19 Apr 2019
baliexpress
icon featured
Kolom

Padepokan Silat Tertua di Tasikmalaya, Dukung Paslon No 01

Oleh: Grace Septiana*

13 Februari 2019, 04: 00: 59 WIB | editor : I Putu Suyatra

Padepokan Silat Tertua di Tasikmalaya, Dukung Paslon No 01

Jokowi-Mar'uf Amin (ISTIMEWA)

KETUA Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Erick Tohir menyatakan bahwa dirinya semakin optimis bahwa pasangan calon nomor urut 01 bisa memenangkan Pilpres 2019. Salah satu hal yang menumbuhkan optimisme adalah semakin banyaknya deklarasi dukungan untuk Jokowi – Ma’ruf, dari berbagai pihak.

Erick juga menuturkan, bahwa terdapat 700 – an deklarasi yang menyatakan dukungan untuk Jokowi dari berbagai kalangan di berbagai daerah Indonesia. Bahkan, ratusan dukungan itu kerap dilakukan tanpa koordinasi ke TKN, karena deklarasi itu yang mengadakan relawan. Yang namanya deklarasi itu mayoritas, ujarnya. Hal ini justru menunjukkan sifat para pendukung Jokowi yang meluas dari berbagai kalangan, seperti misalnya di kalangan perguruan seni beladiri pencak silat di Tasikmalaya.

Padepokan silat tertua di Tasikmalaya pada Rabu (30/1) menggelar deklarasi dukungan kepada pasangan calon (paslon) Capres – Cawapres 01, Jokowi – Ma’ruf Amin. Pernyataan dukungan dari Keluarga Besar Padepokan Pencak Silat Padjajaran Pusat Tasikmalaya ini dilakukan tepat saat ulang tahun padepokan yang ke – 49.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Padepokan, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya itu dihadiri Kepala Keamanan Tim Kampanye Nasional (TKN) Brigjen Purn Herwin Supardjo. Beliau juga mengatakan, adanya komitmen melalui deklarasi nanti dengan Padepokan Padjajaran secara tidak langsung telah membangun sebuah komunitas yang dapat melahirkan solidaritas, loyalitas, toleransi dan militansi kepada penguasa NKRI yang memegang teguh pada Pancasila UUD 45 dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal tersebut dibuktikan, bahwa yang hadir dalam acara Ulang Tahun Padepokan tersebut berasal dari berbeda – beda agama, suku, bangsa dan ras. Sepertinya Padepokan ini satu visi dan misi Cakra sebagai suplemen dan jembatan untuk menentukan pilihan pada Pilpres 2019. Pihaknya juga menambahkan, dengan kehadiran para ksatria di Padepokan Padjajaran tersebut, maka bertambah pula rasa optimis bahwa target diatas 50 % kemenangan Jokowi untuk Provinsi Jawa Barat sangat yakin. Terlebih, program incumbent sangat bagus dan menyentuh rakyat Indonesia.

Pada kepemimpinan Jokowi satu periode, beliau sudah terbukti dapat menetralisasi, mendeteksi dini ancaman – ancaman terhadap Negara. Kedepan tentunya akan lebih dari itu. Dewan Pembina padepokan pencak silat Padjajaran Pusat, Anton Charliyan mengatakan dukungan terhadap capres – cawapres nomor urut 1 merupakan langkah yang dipandangnya realistis karena dinilai terasa hasil pembangunannya. Pihaknya merasa bahwa dukungan terhadap pasangan no 01 adalah sesuatu yang realistis khususnya di Jawa Barat, hal ini dikarenakan adanya pembangunan infrastruktur seperti Waduk Jatigede, sejumlah Bandara, jalan – jalan semakin mulus, kemudian berbagai subsidi seperti pendidikan, dan kesehatan, perhatian kepada masyarakat tidak mampu. Program tersebut dirasa sangat menyentuh masyarakat luas Ujar mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Program tersebut nyatanya mampu menyentuh masyarakat yang belum pernah dilakukan secara signifikan oleh presiden – presiden sebelumnya. Mantan Kapolda Jabar itu mengatakan deklarasi juga dilakukan di 10 Provinsi lainnya. Hingga ke tingkat RT / RW dan TPS. Kepala Keamanan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Brigjend Purn Herwin Supardjo mengatakan, adanya deklarasi ini diharapkan menambah suara di Jawa Barat. Berdasarkan prediksinya dukungan terhadap Jokowi – Ma’ruf Amin di Jawa Barat untuk Pemilu 2019 mencapai lebih dari 50 %. Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Guru Besar Padepokan Pencak Silat Padjajaran Pusat, Raden Sany Wijaya Nata Kusumah Brata Manggala menilai kepemimpinan Jokowi menurutnya perlu dilanjutkan. Saat ini, anggota padepokan se-Indonesia memiliki jumlah mencapai jutaan anggota. Untuk itu, dirinya menjanjikan sebanyak 17 juta pengikutnya di seluruh Indonesia sudah dapat dipastikan mendukung penuh kepada pasangan calon presiden Nomor urut 1 Jokowi – Ma’ruf pada 17 April mendatang.

Sikap untuk memilih sudah tidak ada masalah, insyaallah lancar, sudah dapat dipastikan bakal mendukung penuh calon Presiden Nomor urut 1. Setelah deklarasi ia dan organisasinya tetap tidak akan lebih dari satu pilihan, tidak akan loncat. Pada Pilpres 2014 lalu Jokowi juga mendapatkan dukungan dari para Pendekar Silat yang tergabung dalam barisan Pendekar Setia Muda Perjuangan Bangsa menyatakan dukungan kepada Jokowi – JK di Pilpres 2014. Jokowi saat itu dianggap memiliki semangat pendekar. Koordinator Pendekar Setia Muda Perjuangan Bangsa, Gabianto mengatakan bahwa diantara dua capres yang ada, yang menurutnya memiliki kualifikasi pendekar hanyalah Jokowi. Jokowi merupakan salah satu murid dari perguruan silat tersebut. sejak SMP Joko Widodo sudah mempelajari seni beladiri pencak silat di Solo. “Jokowi sudah busa dikatakan pendekar,” ujar Gabiyanto. Di Jakarta Jokowi belajar di Kantor Walikota, Jakarta Barat. Sejumlah ilmu pun telah ia turunkan ke Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, antara lain cengkeraman, pukulan, bertarung menggunakan celurit hingga bermain pedang. Dalam ilmu silat ada empat tingkatan yang ditunjukkan melalui sabuk, yakni hitam, merah, hijau dan putih. Jokowi dikabarkan sudah mencapai tingkatan tertinggi yakni sabuk putih. Bahkan Jokowi sudah melewati ujian yang disebut jurit malam. Ia juga menyebutkan, dengan deklarasi pendekar tersebut, dibuktikan bahwa tidak semua pesilat telah mendukung pasangan Prabowo, hanya karena Prabowo merupakan ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI)

Dukungan kepada Jokowi juga datang dari Padepokan Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka yang turut mendukung pasangan Jokowi – Ma’ruf. Pihaknya menegaskan bahwa kepemimpinan Jokowi harus dilanjutkan. Sebab, kerja nyata dari Presiden Jokowi selama lima tahun memimpin Indonesia sudah tampak hasilnya dan terasa dampak positifnya. Untuk itu Abah Ujer selaku sesepuh dari padepokan tersebut telah menginstruksikan kepada seluruh keluarga besar Padepokan Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka untuk mendukung penuh Jokowi – Ma’ruf Amin. (*)

*) Mahasiswa FISIP Universitas Dharma Agung

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia