Rabu, 18 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Ada Konsep Berbeda Lawar Klungah Menggugah Ala Bu Desak

05 Maret 2019, 14: 26: 16 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ada Konsep Berbeda Lawar Klungah Menggugah Ala Bu Desak

KONSEP UNIK: Ketika biasanya waktu terbuang banyak ditempat cuci mobil, bisa dimanfaatkan sekaligus untuk makan siang atau menikmati olahan lawar klungah. Konsep unik di Warung Lawar Klungah Bu Desak. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Bagaimana jika warung makan menjadi satu dengan tempat cuci mobil? Tentu kesan dari tempat makan yang santai dan nyaman akan hilang karena tempat cuci mobil sangat identik dengan dunia otomotif yang terkesan  penuh dengan beranekaragam peralatan bengkel.

Namun  ketika memasuki Warung Lawar Klungah Bu Desak (klungah adalah bato kelapa muda) yang beralamat di jalan Hang Tuang no 65 Sanur, kesan tempat cuci mobil yang lekat dengan aktivitas otomotif akan terkikis, pasalnya di Warung Bu Desak ini tempat cuci mobil yang menjadi satu dengan warung Lawar Klungah ini terkesan sangat asri dan nyaman. Sajian kuliner lawar klungah yang begitu menggugah selera makan.

Gede Eka Pramana, Kepala Chef Warung Lawar Klungah Bu Desak ketika ditemui beberapa waktu lalu mengatakan jika Warung Lawar Klungah memang memiliki konsep yang berbeda dibandingkan dengan komsep warung lainnya yang ada di Kota Denpasar.

Adapun konsep dari Warung ini adalah one stop shopping, dimana pelanggan yang datang tidak saja bisa menikmati makanan, namun juga bisa memcuci kendaraan yang digunakannya. “Sehingga ketika datang, pelanggan tidak saja bisa puas mencicipi kuliner khas Bali, tapi kendaraan yang tumpangi juga bersih,” jelasnya.

Warung Lawar Klungah Bu Desak ini sengaja dirancang dengan konsep garden resto, dengan suasana taman yang sejuk dan asri. Karena beberapa pohon besar di warung ini sengaja dibiarkan tumbuh di areal warung, sehingga bisa membarikan naungan dari sengatan sinar matahari.

Untuk para tamunya, Warung Klungah Bu Desak, warung ini menyediakan banyak tempat duduk berupa kursi anyaman hingga kursi kayu yang nyaman. Selain areal outdoor, Warung ini juga dilengkapi dengan aula pertemuan yang bisa digunakan  untuk digunakan sebagai spot pertemuan. 

Bagaimana dengan manakanan yang disajikan di Warung lawar Klungah Bu Desak? Ditanya demikian, Gede mengatakan jika seperti namanya, warung lawar Klungah ini memiliki menu andalan yakni lawar klungah, yakni olahan lawar yang dibuat dari batok kelapa muda.

Lawar klungah ini dikatakan Gede merupakan salah satu jenis masakah tradisinal Bali, atau tepatnya berasal dari Kabupaten Jembrana. “Untuk menu, kami memiliki menu andalan yakni lawar Klungah, yang tidak lain adalah menu makanan khas Jembrana,” lanjutnya.

Sebagai salah satu jenis makanan tradisional Bali, Gede mengatakan jika lawar Klungah yang disajikan di Warung Bu Desak ini memiliki kualitas rasa yang autentik.

Dalam proses pembuatan lawar klungan ini tidak saja menggunakan bahan baku yang terbaik, namun penggunaan bumbu pada klungah ini juga sesuai dengan citarasa aslinya. “Lawar yang kami sajikan adalah lawar klungah khas Jembrana dengan rasa yang autentik, untuk mendapatkan rasa yang autentik, selain menggunakan bahan baku, makanan ini juga dikontrol langsung oleh owner kami yang merupakan orang asli Jembrana,” tambahnya.

Sebelum sampai ke piring saji, Lawar klungah yang dihidangkan di Warung Bu Desak dijelaskan Gede melalui proses yang cukup panjang, khususnya pada proses pengelolaan klungah. Karena jika tidak diolah dengan cara yang benar, maka rasa klungah dikatakan Gede akan pahit dan akan mempengaruhi citarasa lawar.

Untuk proses pengolahan ini, batok kelapa muda yang sudah dipisahkan dari serabutnya, tidak akanlangsung direbus, tapi didiamkan beberapa saat, setelah itu baru direbus mengunakan air kelapa muda. Setelah proses perebusan, klungah ditiriiskan dan diperas sehingga kadar airnya berkurang.

Setelah dirajang seperti halnya membuat lawar pada umumnya, daging klungah ini kemudian diaduk rata dengan daging ayam dan nangka muda rebus serta base genep khas Bali. “Yang membedakan lawar Klungah ini dengan lawar lainnya adalah tekstur lawar yang kenyal dan lentur seperti mengigit tulang muda,” tambahnya.

Satu porsi nasi campur lawar Klungah dikatakan Gede dibanderol dengan harga Rp 25 ribu, dalam satu porsi makanan ini pelanggan sudah bisa menikmati menu yang terdiri dari nasi, ayam betutu, lawar klungah dah satu porsi kuah garang asem ayam.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia